obat maag alami

Apakah Realfoodfams pernah mengalami nyeri disekitar ulu hati disertai mual hingga muntah? Bisa jadi Realfoodfams mengalami penyakit maag. Namun, jangan panic dahulu karena penyakit maag sangat umum terjadi dan terdapat obat maag alami untuk mengatasinya.

8 Obat Maag Alami yang Aman Dikonsumsi

Penyakit maag memang sangat mengganggu karena perut menjadi tidak nyaman hingga tidak nafsu makan. Oleh karena itu, Realfoodfams sebaiknya mengetahui bagaimana cara mengatasi sakit maag yang aman dan alami. Berikut ini adalah 8 obat maag alami yang aman dikonsumsi dan bisa dicoba untuk meredakan rasa sakit:

1. Air Rebusan Kunyit

Kunyit terkenal dapat mengatasi sakit maag karena mengandung curcumin, yaitu kandungan anti jamur, anti inflamasi, dan antibacterial. Kandungan tersebut mampu menenangkan mukosa pada lambung sehingga mengatasi iritasi pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh maag.

Baca Juga: 6 Jenis Minuman Sehat Untuk Diet Yang Praktis Dibuat di Rumah

Jika ingin mengatasi maag dengan kunyit, Realfoodfams bisa mengkonsumsinya baik dalam bentuk olahan jamu atau mencampurkan bubuk kunyit dengan air hangat. Konsumsi ramuan tersebut setiap hari atau dua hari sekali untuk hasil yang maksimal.

2. Jahe Merah

Tanaman herbal lainnya yang bisa menjadi obat maag alami adalah jahe merah. Pasalnya, jahe merah memiliki sifat anti peradangan sehingga dapat meredakan rasa mual dan mengatasi masalah lambung, termasuk maag. Jahe merah juga bersifat gastroprotektif, yaitu dapat menekan bakteri Helicobacter pylori yang menyebabkan naiknya asam lambung.

Baca Juga: Macam-Macam Manfaat Buah Anggur

Untuk meredakan maag, Realfoodfams bisa mengunyah seiris jahe merah atau meminum satu sendok jus jahe dalam dua hingga tiga kali sehari. Cara lainnya, Realfoodfams juga bisa minum air jahe hangat, yaitu jahe yang diseduh dengan air mendidih.

3. Madu dan Lemon

Madu kaya akan antioksidan yang mampu membunuh bakteri dan anti inflamasi. Sedangkan lemon mengandung asam askorbat dan alkali yang mampu menyembuhkan gastritis. Jadi, meskipun rasanya asam, lemon bersifat basa dan kandungan vitamin C nya mampu menyembuhkan luka akibat peradangan yang disebabkan oleh maag.

Realfoodfams yang memiliki sakit maag, cobalah untuk mengkonsumsi campuran madu, lemon, dan air hangat pada pagi hari dalam keadaan perut kosong. Usahakan untuk mengkonsumsinya secara rutin setiap hari agar maag berangsur-angsur membaik dan metabolism tubuh semakin sehat.

4. Jus Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya bagus untuk kesehatan rambut tetapi bisa digunakan untuk meringankan penyakit maag. Pasalnya, lidah buaya memiliki gel yang mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan senyawa anti peradangan. Kandungan tersebut membuat lidah buaya bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi pencernaan, meredakan iritasi lambung, dan pembengkakkan lapisan lambung.

Baca Juga: 6 Manfaat dari Menjalankan Diet Kurma, Dijamin Bikin Tubuh Langsing!

Cara membuat jus lidah buaya cukup mudah, yaitu cuci bersih lidah buaya dan ambil gelnya. Setelah gel tersebut diambil, cuci hingga bersih lalu tiriskan dua hingga 3 menit. Campurkan 2 sendok teh lidah buaya tersebut dengan 1 gelas air putih. Jika ingin hasilnya maksimal, konsumsilah 1 hingga 2 gelas per hari.

5. Kurma

Adanya kandungan serat yang tinggi pada kurma sangat cocok dikonsumsi bagi penderita maag. Pasalnya, serat tersebut tidak hanya bagus untuk pencernaan tetapi juga mampu mencegah sembelit dan peradangan di saluran pencernaan. Ada pula kandungan asam amino esensial yang bermanfaat untuk meredakan asam lambung.

Kurma juga rendah asam sehingga aman dikonsumsi penderita maag. Untuk menetralisir cairan lambung, konsumsilah kurma secara rutin setiap pagi. Realfoodfams bisa mengkonsumsinya langsung dalam bentuk buah, manisan, atau sari kurma yang telah banyak dijual di pasaran.

6. Air Kelapa

Mengonsumsi air kelapa ternyata tidak hanya menyegarkan, tetapi juga menyehatkan pencernaan. Pasalnya, air kelapa memiliki banyak manfaat, termasuk untuk mengurangi gejala yang muncul karena sakit maag. Jika asam lambung mulai naik, cobalah minum air kelapa terlebih dahulu untuk mengatasi rasa tidak nyaman yang muncul.

Baca Juga: Berbagai Manfaat Kacang Almond

Air kelapa juga mampu meringankan sensasi terbakar pada perut ketika mengalami maag. Pasalnya, air kelapa yang telah dikonsumsi tersebut bisa mengubah tingkat pH tubuh yang sebelumnya asam menjadi basa. Adanya serat yang tinggi juga bisa mencegah terjadinya kenaikan asam lambung berulang dan mengobati masalah pencernaan.

7. Daun Kemangi

Tidak hanya bisa menjadi lalapan, daun kemangi juga bisa dijadikan sebagai obat maag alami. Hal ini karena daun kemangi memiliki sifat anti bakteri, karminatif, dan anti peradangan. Dengan begitu, daun kemangi bisa meredakan gangguan yang terdapat pada saluran usus penyebab perut kembung ketika maag.

Realfoodfams bisa mengkonsumsi daun kemangi secara langsung seperti lalapan atau dimasukkan dalam masakkan. Selain itu, daun kemangi juga bisa diolah menjadi teh. 

8. Sarang Burung Walet

Realfoodfams, pasti sudah familiar dengan sarang burung walet karena terkenal memiliki banyak khasiat, termasuk mampu meringankan sakit maag. Salah satu produk berbahan dasar alami dari sarang burung walet yang sudah berstandar ISO 22000 dan bersertifikasi Halal dan BPOM yaitu Realfood.

Baca Juga: Inilah Berbagai Akibat Kekurangan Vitamin E Pada Tubuh

Jika Realfoodfams memiliki sakit maag dan ingin mengobatinya secara alami menggunakan sarang burung walet, konsumsilah Realfood Ever Glow dan Ever Glow+. Realfood Ever Glow mengandung asam sialat yang membantu menjaga sistem imun dan metabolisme tubuh. Selain sarang burung walet, pada Realfood Ever Glow juga terdapat ekstrak kurma yang bisa melindungi lambung dari asam lambung sehingga aman dikonsumsi meskipun perut kosong.

Sedangkan bagi Realfoodfams yang memiliki aktivitas yang cukup berat di luar rumah, bisa mengkonsumsi Realfood Ever Glow+. Dengan fully concentrated bird nest dan ekstrak kurma, Ever Glow+ juga mampu mengatasi sakit maag. Selain itu, adanya kandungan sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang lebih tinggi pada buah kurma bermanfaat untuk sumber energi bagi tubuh sehingga fit beraktivitas seharian.

Perbedaan Maag dan GERD

Setelah mengetahui apa saja obat maag alami, kini saatnya Realfoodfams mengetahui perbedaan maag dengan GERD. Dengan mengetahui perbedaan keduanya, Realfoodfams bisa mendapatkan pengobatan yang tepat. Sakit maag biasanya ditandai dengan perasaan tidak nyaman di bagian atas perut atau ulu hati terasa nyeri.

Tanda lainnya dari sakit maag yaitu penderitanya merasakan mual hingga muntah, perut terasa penuh saat makan, serta sering buang angin dan bersendawa. Sedangkan gejala GERD biasanya lebih parah, yaitu adanya sensasi terbakar pada dada, makanan atau asam lambung naik ke kerongkongan, rasa mengganjal di kerongkongan, serta kesulitan menelan.

Baca Juga: 9 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan, Terbukti Secara Ilmiah!

Penyebab terjadinya maag dan GERD juga berbeda, yaitu pada maag biasanya dipicu karena asam lambung naik sehingga menyebabkan luka pada lambung atau iritasi pada dinding lambung. Sedangkan penyebab GERD yaitu adanya asam lambung yang naik karena cincin esophagus melemah sehingga makanan dan cairan asam lambung lebih mudah naik ke atas dan memicu gejala sensasi terbakar pada dada.

Itulah ulasan yang menarik tentang obat maag alami yang aman dan bisa dicoba. Namun, sebelum mencoba untuk mengkonsumsinya, pastikan sakit yang diderita adalah sakit maag, bukan GERD. Agar hasilnya maksimal, jangan lupa untuk mengkonsumsi concentrated bird nest, yaitu Realfood Ever Glow dan Ever Glow+ yang mampu meredakan sakit maag dan menjaga sistem imun tubuh.