cara menahan nafsu makan

Bagi Realfoodfam yang tengah menjalankan program diet, tentunya penting untuk mengetahui bagaimana cara menahan nafsu makan yang efektif. Pasalnya, mengubah kebiasaan untuk berhenti mengkonsumsi terlalu banyak kalori bukanlah perkara mudah.

Padahal, nafsu makan yang sulit dikendalikan akan meningkatkan risiko terkena penyakit kronis dan juga menyebabkan kenaikan berat badan atau obesitas. Jika Realfoodfam memiliki nafsu makan yang besar, yuk, kenali penyebab sulitnya menahan nafsu makan dan bagaimana cara mengatasinya, berikut ini:

Penyebab Sulit Menahan Nafsu Makan

Sebenarnya memiliki nafsu makan yang tinggi adalah kondisi yang normal terjadi. Namun, akan menjadi berbahaya jika nafsu makan menjadi berlebihan dan sulit dikontrol. Terlalu banyak mengkonsumsi kalori akan membuat tubuh menjadi rentan terhadap berbagai penyakit.

Ada banyak faktor mengapa sulit untuk menahan nafsu makan. Misalnya, sering makan terlalu cepat atau makan sambil melakukan aktivitas lain. Namun, selain faktor kebiasaan makan sehari-hari, sulit menahan nafsu makan juga disebabkan oleh berbagai hal lainnya, yakni sebagai berikut:

·  Faktor genetik.

·  Memiliki pola makan yang kurang baik, misalnya adalah sering mengkonsumsi makanan yang tinggi gula dan karbohidrat, namun rendah serat, lemak sehat, dan juga protein.

·  Kurang tidur.

·  Memiliki gangguan makan.

·  Adanya masalah psikologis, stress, dan gangguan cemas.

·  Masalah kesehatan atau kondisi medis tertentu, seperti hipoglikemia, diabetes, dan gangguan tiroid.

·  Efek samping obat-obatan, seperti antidepresan, kortikosteroid, dan cyproheptadine.

Berbagai Cara Menahan Nafsu Makan yang Efektif

Bagi sebagian besar orang, memutus kebiasaan makan yang berlebihan menjadi tantangan yang sulit. Namun, jangan berkecil hati, berikut ini adalah berbagai cara menahan nafsu makan yang efektif yang bisa dicoba:

1. Makan Secara Perlahan

Ketika makan, tubuh memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk memunculkan sensasi rasa kenyang. Dengan mengubah kebiasaan makan secara perlahan, maka akan memberikan waktu bagi otak untuk menangkap sinyal jika Realfoodfam sudah merasa kenyang. Dengan demikian, Realfoodfam bisa membatasi jumlah kalori yang dikonsumsi serta mengendalikan nafsu makan.

2. Perbanyak Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Makanan yang mengandung serat yang tinggi tidak hanya baik untuk pencernaan, tetapi juga membuat kenyang lebih lama. Berbagai jenis makanan yang termasuk tinggi serat adalah gandum, kacang-kacangan, buah-buahan, dan juga sayur mayor.

3. Tidur dengan Cukup

Ketika kurang tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon leptin dan ghrelin lebih banyak. Padahal, kedua hormon tersebut dapat merangsang dan juga meningkatkan nafsu makan. Oleh karena itu, untuk menurunkan nafsu makan, biasakan untuk mencukupi waktu tidur setidaknya 7 jam setiap malam.

4. Olahraga Secara Teratur

Cara menahan nafsu makan yang efektif adalah berolahraga secara teratur. Pasalnya, olahraga tidak hanya menyehatkan tubuh tetapi juga meningkatkan hormon peptide YY, yaitu hormon yang berfungsi untuk menekan nafsu makan. Olahraga yang cocok bagi Realfoodfam yang ingin mengurangi nafsu makan yaitu dengan olahraga aerobik, seperti jogging, berenang, maupun bersepeda.

5. Mempraktikkan Pola makan Teratur

Alih-alih menurunkan berat badan, melewatkan waktu makan ternyata dapat menyebabkan bertambahnya berat badan. Dengan demikian, banyak ahli merekomendasikan untuk makan secara teratur setiap hari dan mengkonsumsi makanan yang bergizi dengan porsi wajar.

Itulah ulasan yang menarik tentang beragam cara menahan nafsu makan. Jika Realfoodfam sedang menjalani program diet serta mencari cemilan sehat yang mampu menekan rasa lapar, cobalah mengkonsumsi Realfood Cleanse Appletox.

Realfood Cleanse Appletox adalah cemilan berbentuk jelly yang yang dapat membantu menutrisi pencernaan dan menghambat penyerapan lemak berlebih. Cemilan yang satu ini mengandung ekstrak apel yang mampu merangsang konversi lemak menjadi energi.

Adanya kandungan glukomanan juga dapat menekan rasa lapar dan memberi efek kenyang lebih lama. Realfood Cleanse Appletox juga tidak mengandung gula tambahan sehingga cocok dijadikan alternatif cemilan saat diet.

Artikel Terkait Lainnya: