gejala awal kehamilan

Gejala awal kehamilan yang paling umum terjadi biasanya adalah terlambat menstruasi, tetapi juga banyak lho 6 gejala awal kehamilan lain yang paling umum terjadi. Jika kamu mendapati gejala-gejala ini, ada baiknya segera mempersiapkan diri baik dari segi fisik, mental, finansial, dan gaya hidup lebih sehat di masa kehamilan untuk menyambut si kecil ke dunia. Yuk, simak selengkapnya! 

1. Perdarahan Ringan dan Kram Perut 

Pertemuan antara sel telur (ovum) dan sel sperma yang terjadi di rahim akan menempel di dinding rahim. Proses penempelan ini mungkin dapat merusak beberapa pembuluh darah di dindin rahim sehingga menyebabkan perdarahan ringan. Nah, awal gejala hamil ini biasanya muncul darah berbentuk seperti flek dan biasanya berwarna pink atau coklat. Jika perdarahan ini terjadi pada 6 - 12 hari setelah berhubungan badan, ada baiknya kamu segera melakukan uji kehamilan atau mengunjungi dokter. 

Gak cuma perdarahan, gejala awal kehamilan yang biasanya muncul adalah kram perut seperti sebelum atau saat menstruasi tetapi lebih ringan. Hal ini dikarena rahim mendapatkan sinyal untuk mempersiapkan diri dan membesar sehingga terjadi kram. 

2. Terlambat Menstruasi 

Nah, gejala awal kehamilan ini yang biasanya disadari banyak orang. Setelah zigot dari pembuahan sel telur dan sperma menempel di rahim, maka tubuh seorang perempuan akan mulai memproduksi hormon human Chorionic Gonadotropin (hCG) yang membantu tubuh selama maca kehamilan. Hormon ini juga berfungsi untuk menghentikan menstruasi setiap bulan selama kehamilan bekerja sama dengan hormon progesteron. Nah, itu dia pentingnya untuk mencatat tanggal menstruasi kamu ya, selain untuk menentukan hari subur tapi juga untuk memastikan kehamilan, kecuali pada perempuan yang memiliki jadwal menstruasi tidak teratur. 

3. Perubahan pada Payudara 

Gejala hamil awal juga muncul pada payudara. Kelak payudara akan mempersiapkan makanan terbaik untuk si bayi sehingga di awal kehamilan, payudara akan mengalami bengkak, nyeri, terasa lebih besar atau berat. Area puting (aerola) juga akan menjadi lebih gelap. Mirip seperti meningkatkan sensitivitas payudara saat menjelang menstruasi, tetapi jauh lebih sakit. Hal ini diakibatkan karena aliran darah ke payudara meningkat, hormon oksitosin juga mulai meningkat, lemak membentuk di area payudara untuk melindungi saluran susu. Memang hebat ya Tuhan dan tubuh perempuan itu! 

4. Kelelahan

Sejak awal kehamilan, perubahan hormon dalam tubuh perempuan terutama hormon progesteron dapat menyebabkan kantuk dan kelelahan. Gejala awal hamil seperti kelelahan juga terjadi karena banyaknya energi tubuh yang digunakan untuk mempersiapkan kehamilan seperti memproduksi sel darah lebih banyak. Biasanya kamu akan merasakan tanda kehamilan awal ini 1 minggu setelah pembuahan dan bisa kamu atasi dengan beristirahat dan diimbangi dengan berolah raga ringan seperti jalan kaki. 

5. Frekuensi Buang Air Kecil Bertambah

Hormon hCG juga akan menambah gejala awal kehamilan yaitu meningkatnya frekuensi buang air kecil karena adanya peningkatan aliran darah ke area panggul. Di tambah nanti si bayi akan mendorong organ tubuh lain, kamu akan makin sering pingin pipis! 

6. Morning Sickness

Bukan rahasia lagi kalau morning sickness adalah gejala awal hamil yang paling sering terjadi. Biasanya terjadi di pagi hari, tetapi tidak menutup kemungkinan mual di siang dan malam hari terutama setelah makan atau mencium aroma yang memicu. Gejala awal kehamilan ini biasanya terjadi saat memasuki usia kehamilan 4-6 minggu dan akan berakhir saat memasuki trimester kedua (minggu ke-13 atau ke-14). Kurangi rasa mual dengan mencium aroma lavender atau peppermint, minum teh atau jahe hangat, dan bisa juga dengan mengunyah permen mint. 

7. Perubahan Suasana Hati 

Selain hCG dan progesteron, hormon estrogen juga mengalami peningkatan. Hal ini menyebabkan gejala awal kehamilan lain yaitu perubahan suasana hati yang lebih cepat. Gak jarang, perempuan hamil muda menjadi lebih emosional atau lebih sensitif. Lebih cepat marah, mudah cemas, bahkan overthinking

Sebenarnya masih ada lagi gejala awal kehamilan, hanya saja tidak seumum 7 gejala di atas seperti ngidam (ingin makan sesuatu), sakit kepala, saking pinggang, dan sembelit. Pastinya, perjalanan kehamilan setiap perempuan itu berbeda, termasuk dengan gejala hamil awal. Jika kamu merasakan 1 - 2 gejala, segera lakukan pengecekan dan kunjungi dokter. Persiapkan fisikmu untuk menjalani perjalanan kehamilan 9 bulan yang pastinya akan melelahkan. Persiapan mental juga perlu diperhatikan, ibu hamil sebaiknya selalu bahagia dan menghindari stress karena dapat mempengaruhi janin. Beritahu suami, keluarga, dan orang terdekat karena pastinya kamu akan memerlukan lebih banyak kebutuhan finansial untuk si bayi. Jangan lupa untuk mempersiapkan kebutuhan gizi dengan mengonsumsi Fit With Realfood Wonder Mom yang mengandung fully-concentrated sarang burung walet dan asam folat. Sarang burung walet sendiri kaya akan asam amino, Epidermal Growth Factor (EGF), asam sialat, dan antioksidan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu. Asam folat membantu mencegah risiko cacat, membantu tumbuh kembang janin, dan mencegah anemia pada ibu. Investasi yang komplit untuk kesehatan ibu dan anak kan!

Artikel Terkait Lainnya: