mangga muda untuk ibu hamil

Ibu hamil identik dengan ngidam mangga muda. Gak cuma sekedar rasa asam yang menggelora, tapi mangga muda untuk ibu hamil juga ternyata banyak kandungan gizinya lho! Mangga muda yang belum matang memiliki gizi yang baik untuk ibu dan juga janin. Apa aja sih manfaat mangga muda untuk ibu hamil? Yuk simak penjelasannya di sini! 

Pada dasarnya kandungan gizi mangga muda adalah: asam folat, zat besi, kalium, vitamin A, vitamin C, dan vitamin B6. Selain itu juga kaya akan kandungan serat yang mencegah sembelit, sebuah kondisi umum yang dialami oleh ibu hamil. Gak cuma itu, mangga muda juga lebih rendah gula daripada mangga matang sehingga bisa mencegah diabetes gestasional pada ibu hamil. Mangga sendiri adalah sumber antioksidan yang sangat baik, asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. 

1. Kandungan Antioksidan yang Tinggi

Pada dasarnya mangga muda itu kaya akan antioksidan karena kandungan vitamin A, B6, dan C, serta beta caroten. Selain itu rasanya yang asam yang menyegarkan akan lebih mudah diterima oleh ibu hamil. 

2. Meningkatkan Asupan Kalsium & Zat Besi 

Secara alami mangga muda mengandung vitamin C yang akan membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari sayur hijau. Sedangkan saat hamil, janin mengambil kalsium ibu sehingga gak jarang gigi ibu hamil tanggal dan vitamin C berperan dalam membantu pembentukan kolagen untuk menjaga gusi tetap sehat. Mantap betul ya manfaat mangga muda ini! 

3. Mengurangi Mual di Pagi Hari 

Rasanya kehamilan selalu identik dengan mual di pagi hari atau morning sickness. Mangga muda untuk ibu hamil sendiri dapat mengurangi gejala mual karena rasanya yang segar! 

4. Memperkuat Pembuluh Darah 

Makan mangga muda untuk ibu hamil dapat memperkuat pembuluh darah karena kaya akan antioksidan. Gak cuma memperkuat pembuluh darah, tapi juga menunjang produksi sel darah merah baru dan mengurangi kemungkinan tekanan pada pembuluh darah selama kehamilan.

5. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Bukan rahasia lagi kalau mangga muda kaya akan serat untuk ibu hamil! Konsumsi makanan yang tinggi serat akan membantu mencegah sembelit yang sering terjadi selama kehamilan. Ibu hamil bisa mengonsumsi mangga muda dengan sedikit garam dan madu untuk membantu menangkal masalah pencernaan ini ya. 

6. Meningkatkan Metabolisme 

Tidak hanya rasanya enak, manfaat mangga muda selanjutnya adalah meningkatkan sistem pencernaan dan membantu tubuh memproses makanan lebih mudah. Dengan meningkatnya metabolisme, maka berat badan bisa dijaga dan tidak mudah naik berat badan. 

7. Mencegah Gangguan Medis 

Vitamin B6 dalam mangga muda dibutuhkan untuk menghasilkan hormon Gamma Amino Butyric Acid (GABA) yang merupakan neutrotransmitter inhibisi yang menghambat sinyal otak tertentu. Vitamin ini mengandung asam amino dalam darah dan mampu mencegah penyakit pada ibu hamil. Selain itu, GABA juga sangat baik untuk kesehatan mental!

8. Mencegah Penyakit Jantung 

Manfaat mangga muda selanjutnya adalah melindungi tubuh dari penyakit jantung. Kandungan kalium yang tinggi dalam mangga muda dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kalium juga membantu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, sehingga mencegah penumpukan air di kaki yang membuat kaki ibu hamil menjadi bengkak. 

9. Membantu Perkembangan Syaraf Janin

Gak cuma asam folat yang dibutuhkan si kecil, manfaat mangga muda yang satu ini juga dibutuhkan di kecil! Mangga muda kaya akan vitamin A untuk membantu menunjang perkembangan sistem saraf janin, kesehatan mata, dan organ lainnya. 

10. Mencegah Preeklampsia 

Manfaat mangga muda untuk ibu hamil yang satu ini masih berhubungan dengan kandungan kalium. Kalium juga membantu mencegah hipertensi dan mencegah kejang yang terjadi karena preeklamsia. Dibantu dengan kandungan magnesium yang tinggi, manfaat mangga muda memang terbaik untuk ibu hamil yang terkena preeklampsia. 

Meskipun manfaat mangga muda untuk ibu hamil begitu banyak, mengonsumsi mangga muda terlalu banyak juga lebih banyak mudaratnya. Terlalu banyak serat dapat menyebabkan konstipasi atau bahkan diare. Dan ibu hamil membutuhkan makronutrien lain seperti protein dan lemak, sehingga mangga muda bisa kamu jadikan cemilan saja.

Namun, kamu juga bisa lho mengonsumsi makanan lain yang gak kalah kaya manfaat seperti mangga muda–yaitu Fit With Realfood Wonder Mom! Program sehat 12 hari dengan formulasi fully-concentrated sarang burung walet dan asam folat ini bagus banget untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil dan menyusui. Gak cuma itu, juga membantu mengurangi risiko cacat lahir pada bayi, membantu perkembangan dan pertumbuhan janin, serta mencegah anemia pada ibu hamil. Lebih komplit kan ya! Yuk, beli Wonder Mom di marketplace kesayanganmu sekarang juga!

Artikel Terkait Lainnya: