cara meningkatkan kesuburan wanita

Cara meningkatkan kesuburan wanita secara alami sering kali harus dilakukan agar rahim wanita lebih siap dan cepat hamil. Well, simak 7 cara alaminya yang bisa kamu lakukan agar lekas mendapatkan momongan! 

Kesuburan rahim wanita adalah salah satu faktor penting terjadinya kehamilan. Tidak hanya faktor eksternal seperti gaya hidup, faktor internal seperti usia dan stress juga bisa mempengaruhi lho. Jika wanita di usia yang produktif memiliki kesuburan yang baik, potensi hamil pun lebih tinggi. Namun sebaliknya, kondisi rahim yang buruk ditambah gaya hidup yang buruk dapat membuat kehamilan mustahil terjadi. Banyak penyebab ketidaksuburan wanita seperti PCOS, perlengketan rahim, hingga ketidakseimbangan hormon. Tidak peduli apa masalahmu, 7 hal ini sangat baik lho untuk kamu lakukan sebagai cara meningkatkan kesuburan rahimmu. 

1. Jaga Berat Badan & Kurangi Konsumsi Gula 

Cara meningkatkan kesuburan wanita yang paling dasar adalah dengan menjaga berat badan. Berat badan berlebih dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Sedangkan berat badan terlalu rendah dapat memberikan sinyal ke tubuh bahwa tubuh tidak siap untuk kehamilan. Pastikan Indeks Massa Tubuh (BMI) dan kadar lemak tubuh ideal, yaitu di rentang 18,5 - 24,9. Wanita yang terlalu kurus (BMI kurang dari 20) atau kelebihan berat badan (BMI lebih dari 25) akan memiliki kesuburan rahim dan peluang hamil yang lebih rendah. Pada wanita dengan berat badan berlebih, ada baiknya kurangi konsumsi gula dan karbohidrat karena gula dapat meningkatkan hormon testosteron dalam tubuh! 

2. Konsumsi Makanan Tinggi Antioksidan, Tinggi Protein, dan Tinggi Serat 

Penting juga lho untuk kamu memperbanyak konsumsi makanan yang tinggi antioksidan untuk sebagai salah satu cara meningkatkan kesuburan wanita dan mempersiapkan tubuh untuk kehamilan. Sementara konsumsi protein lebih tinggi akan membantu menjaga berat badan dan memenuhi asupan asam amino yang dibutuhkan tubuh dan rahim. Konsumsi tinggi serat tinggi juga memberikan rasa kenyang serta menjaga kesehatan mikroflora dalam sistem pencernaan. 

3. Perbanyak Aktivitas untuk Hindari Stress

Idealnya, olah raga rutin min. 150 menit seminggu adalah cara untuk meningkatkan kesuburan wanita agar cepat hamil. Namun, jika waktumu sangat terbatas, kamu juga bisa memperbanyak aktivitas sehari-hari seperti perbanyak jalan kaki dan memilih menggunakan tangga daripada lift. Oleh raga sendiri tidak hanya menjaga berat badan ideal, tapi juga membantu menghasilkan hormon endorfin yang menjauhkan kamu dari stress agar lebih cepat hamil.

4. Konsumsi Vitamin D3 dan Asam Folat 

Meskipun belum hamil, kamu bisa berikhtiar dengan mengonsumsi vitamin D3 dan asam folat sebagai salah satu cara meningkatkan kesuburan rahim wanita. Wanita dengan kadar Vitamin D3 sekitar 30ng/ml dalam darahnya terbukti lebih subur daripada perempuan yang kekurangan vitamin D3. Asam folat sendiri diketahui sebagai suplemen wajib untuk ibu hamil agar perkembangan otak anak maksimal, tetapi asam folat dapat membantu kesuburan rahim wanita dan juga mencegah keguguran lho!

5. Stop Rokok, Kafein, dan Alkohol

Baik rokok aktif maupun pasif, kafein berlebih, dan alkohol dapat menyebabkan ketidaksuburan di wanita maupun pria. Banyak sekali penelitian yang membuktinya 3 benda ini dapat membuat kerusakan pada janin juga. Terutama kafein yang dapat menghasilkan kortisol, cobalah ganti jadi teh putih, teh hijau, atau matcha. Jadi sebaiknya hindari ketiganya sebagai cara meningkatkan kesuburan wanita agar lebih cepat hamil ya! 

6. Tidur yang Cukup dan Rutin

Tidur juga memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kesuburan wanita. Menurut American Society for Reproductive Medicine, wanita dengan kualitas tidur yang rendah memiliki tingkat kesuburan yang rendah daripada mereka yang tidur cukup. Cobalah untuk tidur setidaknya 7-8 jam sehari dalam keadaan gelap total. Selain itu biasakan untuk tidur di waktu yang sama. Kebiasaan kurang tidur atau tidur tidak berkualitas dalam jangka panjang dapat merusak keseimbangan hormonmu lho!

7. Menghitung dan Mencatat Masa Subur

Tentu saja cara meningkatkan kesuburan wanita yang gak boleh kamu lupakan adalah menghitung dan mencatat masa suburmu. Pada waktu ini, kemungkinan untuk hamil lebih tinggi sehingga ada baiknya kamu melakukan hubungan badan di waktu ini. Tentunya masa subur setiap wanita berbeda, kamu bisa melihatnya dengan cara mengukur suhu tubuh dan melihat cairan vagina. Bila menyerupai putih telur, itu adalah tanda masa subur. Jika kamu kebingungan, gunakan aplikasi kalendar menstruasi atau tes kesuburan di apotik. 

Calon mommies ada baiknya juga mengonsumsi jagoan Fit With Realfood Super Mom di saat pra-kehamilan. Super Mom secara alami mengandung sarang burung walet yang tinggi asam amino, Epidermal Growth Factor, dan asam sialat yang membantu meningkatkan kesuburan rahim dan sistem reproduksi wanita. Spesialnya Super Mom adalah kandungan asam folat untuk membantu meningkatkan kesuburan. Jadi gak ada salahnya nih, berikthiar bareng Realfood!

Artikel Terkait Lainnya: