perbedaan essence dan serum

Pernah gak sih Realfoodfam merasa bingung dengan essence dan serum? Banyak sekali produk yang memberi penamaan essence dan serum, tapi rasanya keduanya kok memiliki formula dan teksur yang sama? Apakah harus menggunakan essence jika menggunakan serum? Ataukah sebaliknya? Apa yang terjadi kalau kita skip penggunaan essence atau serum? Well, di sini kamu akan tahu apa perbedaan essence dan serum!

Apa Itu Essence? 

Essence adalah produk skincare yang berbentuk cairan, baik cair seperti air maupun sedikit kental seperti lendir. Seperti bentuknya, inilah yang menjadi perbedaan essence dan serum. Essence biasanya diformula dengan lebih banyak kandungan air dan pelembap yang mampu menghidrasi kulit sehingga kulit menjadi lebih basah dan membuat serum jadi lebih mudah meresap. Biasanya essence memiliki kandungan 1 - 2 bahan aktif dalam konsentrasi rendah. Cukup untuk menutrisi kulit, tetapi tidak se-powerful serum.

Apa Itu Serum? 

Apa bedanya serum dan essence? Paling utama adalah di konsentrasi bahan aktifnya. Serum biasanya terdiri dari beberapa bahan aktif yang mampu menutrisi dan memberikan hasil signifikan pada kulit. Meskipun tidak dipungkiri, beberapa serum juga mengandung bahan pelembap seperti hyaluronic acid, peptides, dan ceramide. Oleh karena itu, tekstur serum cenderung lebih kental, pekat, dan lebih lama menyerap. Jika fungsi essence terutama adalah melembapkan dan mempersiapkan kulit sebelum menggunakan serum, serum justru memiliki lebih banyak fungsi tergantung bahan aktifnya seperti mengatasi tanda-tanda penuaan kulit, hiperpigmentasi, garis halus, atau kulit kusam

Persamaan dan Perbedaan Essence dan Serum 

Jika dijabarkan, maka kamu sudah bisa merangkum persamaan dan perbedaan essence dan serum  sebagai berikut: 

Persamaan: 

  • Mengandung Bahan yang Menutrisi Kulit 

Baik essence maupun serum, mengandung bahan yang melembapkan dan menutrisi kulit. Masuknya essence dan serum sama-sama membantu meningkatkan tekstur kulit sehingga kulit terasa lebih halus, lembut, kenyal, dan bebas kusam. 

  • Formula Ringan dan Mudah Meresap 

Baik Essence maupun serum memiliki persamaan di formula yang ringan dan cenderung mudah meresap tanpa meninggalkan residu dan rasa lengket. Berbeda dengan pelembap yang terasa “mengambang” di atas kulit. 

Perbedaan:

  • Tekstur 

Perbedaan essence dan serum pertama adalah tekstur. Biasanya tekstur essence lebih cair seperti air atau sedikit lebih kental seperti lendir. Sementara serum biasanya lebih kental, pekat, dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyerap akibat kandungan bahan aktif di dalamnya. 

  • Formula 

Perbedaan essence dan serum lainnya adalah formula. Jelas saja, keduanya pasti berbeda! Meskipun dapat digunakan di semua jenis dan kebutuhan kulit, essence memiliki formula lebih ringan dan konsentrasi bahan aktif yang rendah. Sedangkan serum memiliki bahan aktif berkonsentrasi lebih tinggi sehingga lebih cocok untuk targeted solution.

  • Cara Penggunaan 

Perbedaan essence dan serum selanjutnya adalah di cara penggunaan, essence digunakan setelah mencuci wajah atau setelah menggunakan toner. Namun, jika kamu merasa kulit kurang lembap, kamu bisa menambahkan essence di kulitmu sampai terasa lembap. Sedangkan serum sebaiknya kamu menggunakan 1-2 produk single-ingredient serum dan batasi 1 serum dengan isi berbagai bahan aktif agar hasilnya lebih maksimal. 

Nah itu dia persamaan dan perbedaan serum dan essence. Semoga membantu kamu dalam memilih produk yang paling kulitmu butuhkan ya. Sebenarnya sah-sah saja kok untuk menggunakan semuanya untuk mendapatkan kulit terbaik, hanya saja kamu harus mendengarkan kebutuhan kulitmu. Kulit berminyak sebaiknya menggunakan satu lapis essence dan satu lapis serum, lebih dari itu bisa memicu produksi minyak berlebih lho. 

Namun daripada hanya merawat kulit dengan essence dan serum, kamu juga harus coba nih merawat kulit dari dalam dengan Realfood Jelly Flawless. Snack sehat ini cuma 5kcal dan mengandung 1 gram gula aja lho! Gak cuma rendah kalori, Realfood Jelly Flawless juga mengandung bahan-bahan yang menutrisi kulitmu dari dalam seperti sarang burung walet yang kaya akan Epidermal Growth Factor (EGF) untuk membantu produksi kolagen dan mencerahkan kulit, kolagen untuk mengencangkan kulit, elderberry untuk meningkatkan imunitas tubuh, pomegranate sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan kulit akibat radiasi sinar UV, dan retinol untuk menstimulasi regenerasi sel kulit dan melindungi kulit dari radiasi sinar UV. Enaknya lagi, kamu gak usah musingin perbedaan essence dan serum–tinggal pakai aja yang kamu mau dan mulai rutin konsumsi Realfood Jelly Flawless untuk lihat hasilnya!

Artikel Terkait Lainnya: