Melakukan diet ketat memang terdengar menggiurkan untuk mendapatkan tubuh yang langsing dan ideal. Namun banyak yang menjalani diet dengan cara defisit kalori dan mengonsumsi suplemen atau obat untuk menurunkan berat badan secara instan. Padahal, untuk mendapatkan berat badan bisa dilakukan dengan beberapa cara diet sehat yang lebih aman. Untuk menurunkan berat badan dengan efektif dan konsisten, diperlukan komitmen dan disiplin yang kuat. Cara diet sehat sangat perlu diperhatikan karena selain memiliki manfaat yang besar, juga mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan serta meningkatkan kinerja otak. 

Berikut adalah beberapa cara diet yang lebih aman dan efektif yang dapat kamu lakukan mulai sekarang: 

1. Menghitung Kebutuhan Kalori

Saat melakukan program diet, hal yang perlu diperhatikan adalah menghitung berapa banyak kebutuhan kalori per hari. Dengan begitu, kita lebih tau dan mengenal makanan apa yang sebaiknya kita konsumsi. Dan juga karena setiap orang memiliki kadar kebutuhan kalori yang berbeda-beda tergantung dari beratnya aktivitas yang dijalani sehari-hari. 

2. Batasi Makanan dan Minuman yang Banyak Mengandung Gula dan Garam

Menjaga asupan gula dan garam juga menjadi salah satu cara diet sehat yang bisa dilakukan oleh Realfoodfam. Pasalnya makanan asin dan manis tidak banyak memberikan manfaat bagi tubuh, lebih baik jika cemilan keripik kentang atau minuman manis diganti dengan buah-buahan atau sayur. Jika kamu tetap menginginkan mengonsumsi makanan manis atau asin, makanlah dalam jumlah sedikit dan pastikan tidak terlalu sering. 

3. Selipkan Suplemen dalam Program Diet

Salah satu cara diet sehat lain yang bisa dicoba adalah dengan menyelipkan konsumsi suplemen dalam program diet untuk bantu memenuhi kebutuhan asupan harian. Suplemen berfungsi untuk membantu memenuhi asupan yang tidak didapatkan dari makanan. Salah satu suplemen yang aman dan dapat dikonsumsi saat menjalankan program diet adalah Realfood Cleanse Passion Power. Terdiri dari 5 tipe enzim dan 12 jenis buah yang membantu memperbaiki metabolisme dan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Realfood Cleanse Passion Power dapat dikonsumsi di pagi hari, malam, ataupun sesudah makan. 

4. Makan Secara Perlahan

Salah satu hal yang seringkali dilupakan bagi orang yang sedang menjalankan program diet adalah makan secara perlahan dan tidak buru-buru. Meski terlihat sederhana, namun sebaiknya makanlah dengan perlahan dan pastikan mengunyah lebih lama agar makanan hancur sempurna dan dapat dicerna tubuh lebih mudah dan lebih cepat.

5. Pilih asupan makanan dengan karbohidrat kompleks

Mengonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks dapat membuat kenyang lebih lama. Hal ini karena biasanya karbohidrat kompleks memiliki kandungan serat yang tinggi. Salah satunya kamu bisa mengonsumsi nasi merah, kentang, atau biji-bijian seperti chia seed atau oat atau almond. 

6. Menghindari makanan dalam kemasan dan olahan

Salah satu cara diet sehat yang dapat dilakukan oleh Realfoodfam adalah dengan mengurangi konsumsi makanan olahan dan dalam kemasan. Biasanya makanan olahan dalam kemasan mengandung pengawet dan tinggi akan kalori dan gula. Tentu kandungan bahan tersebut dapat menghambat program dietmu. 

7. Rutin Olahraga

Hal yang sering dilupakan oleh para penggiat diet adalah rutin melakukan olahraga selama menjalankan diet. Pasalnya olahraga selain bermanfaat untuk menjaga postur juga untuk menjaga kesehatan. Kamu bisa melakukan olahraga minimal selama 30 menit secara disiplin dan konsisten. Dengan rutin berolahraga dapat membantu proses diet lebih cepat dan memaksimalkan hasil program dietmu. 

Dari 7 cara diet diatas, jangan lupa tetap konsultasikan ke dokter gizimu untuk mengatur pola makan dan nutrisi yang dibutuhkan. Pasalnya kebutuhan kalori tiap orang berbeda-beda. Kamu juga bisa melengkapi program dietmu dengan Realfood Cleanse Passion Power yang aman, halal, dan sudah tersertifikasi BPOM.

Artikel Terkait Lainnya: