Antivirus

Tubuh kita sangat rentan terpapar berbagai jenis kuman, bakteri, dan virus yang dapat diperoleh dari udara yang dihirup, makanan yang dikonsumsi sampai virus yang menyebar melalui orang lain seperti virus COVID-19. Jika tubuh terpapar virus, maka hal ini dapat berpotensi melemahkan imun tubuh hingga menyebabkan kematian, apabila tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat. 

Untuk menghindari resiko penularan penyakit dari bakteri atau virus, Realfoodfam perlu menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dan kuat. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memerhatikan asupan nutrisi dan vitamin untuk imun tubuh lewat makanan atau minuman yang kita konsumsi sehari-hari.

Sarang Burung Walet sebagai Antivirus

Realfood Royal Wellness

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Zhao R, Li G, dkk. mengungkapkan bahwa sarang burung walet dapat mempercepat pembentukan dan aktivasi sel B (B cell) dan meningkatkan sekresi antibodi sel B. Diketahui sel B adalah jenis sel darah putih yang bertugas untuk membentuk antibodi yang spesifik dalam melawan bakteri dan virus.

Selain itu, penelitian terbaru yang dilakukan oleh Chua KH, Mohamed IN, dkk., juga mengungkapkan bahwa sarang burung walet mengandung protein ovotransferrin yang memiliki sifat anti-bakteri, anti-virus, dan anti-inflamasi. Oleh karena itu, sarang burung walet dianggap efektif melawan virus Influenza A (IAV) yang diketahui menyebabkan berbagai virus seperti H1N1, H2N2, dan H3N2.

Untuk mencegah penularan berbagai jenis virus yang ada, Realfoodfam dapat mencoba Program Royal Wellness yang mengandung sarang burung walet dan memiliki tekstur padat selama minimal 12 hari. Royal Wellness sangat baik dikonsumsi setiap hari karena mengandung asam sialat yang berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh, dan menjaga sistem metabolisme tubuh. Selain itu juga produk ini baik untuk membantu recovery pasca operasi karena Epidermal Growth Factor (EGF) yang mempercepat proses regenerasi sel.

Nutrisi Penting untuk Perkuat Imun

Vitamin

Setiap bagian dalam tubuh memerlukan nutrisi penting untuk menjalankan perannya dengan baik. Namun, tubuh tidak dapat memproduksi nutrisi sendiri. Oleh sebab itu, tubuh kita perlu memperoleh nutrisi untuk meningkatkan imun tubuh dari sumber lain, misalnya dari makanan atau minuman. 

Selain sarang burung walet, terdapat nutrisi lain yang tidak kalah penting untuk bantu tingkatkan imun tubuh. Berikut ini nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, yaitu:

  • Zat besi

Zat besi atau iron adalah salah satu jenis nutrisi dasar yang sangat dibutuhkan tubuh untuk memproduksi darah. Seperti dilansir dari UCSF Health, 70% sumber zat besi dalam tubuh manusia berasal dari sel darah merah (hemoglobin) dan sel otot (mioglobin). 

Kekurangan zat besi dalam waktu yang lama dapat menyebabkan Anemia Defisiensi Besi (ADB) yang dapat membuat tubuh mudah kelelahan dan sesak nafas.Untuk memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh, kita dapat mengonsumsi daging sapi rendah lemak dengan kadar yang wajar, daging ayam, dan domba. Selain itu, kandungan zat besi juga dapat diperoleh dari sayur-sayuran dan kacang-kacangan seperti brokoli, tomat, tahu, dan kentang.

  • Zinc

Nutrisi berikutnya yang dibutuhkan sebagai penambah imun tubuh adalah zat seng atau zinc. Zinc berperan penting dalam pertumbuhan sel dan penyembuhan luka.

Dikutip dari Healthline, zinc adalah salah satu unsur penting yang berperan dalam menstimulasi sel imun. Maka dari itu, kekurangan zinc dapat menyebabkan imun tubuh melemah. Makanan dan minuman yang mengandung zinc di antara lain, susu, yogurt, keju, telur, gandum utuh, dan jamur.

Vitamin Terbaik untuk Penambah Imun

Untuk menghindari resiko penularan penyakit dari bakteri dan virus, Realfoodfam dapat memasukan asupan vitamin. Selain menambahkan vitamin dari suplemen makanan, vitamin juga dapat didapatkan dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari seperti sayur atau buah-buahan. Berikut ini vitamin penambah imun serta sumber makanan yang dapat Realfoodfam konsumsi:

  • Vitamin A

Vitamin A dapat berguna untuk menjaga fungsi penglihatan, mendorong pertumbuhan tulang dan gigi, menjaga kesehatan kulit, dan meningkatkan imun tubuh. Vitamin A bisa diperoleh dari telur, susu, dan produk turunan susu lainnya seperti keju dan mentega. 

Selain itu, vitamin A juga dapat diolah oleh tubuh dari zat beta-karoten yang terdapat pada makanan berwarna cerah seperti ubi jalar kuning, paprika, labu, dan wortel.

  • Vitamin B6 dan Vitamin B9

Vitamin B memiliki 8 jenis di antaranya, yaitu  B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan B12. Di antara delapan vitamin B yang ada, vitamin B yang paling berperan sebagai penambah imun tubuh adalah vitamin B6 (piridoksin) dan B9 (asam folat).

Vitamin B9 dapat berfungsi untuk membantu pembuatan sel darah merah yang mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Sementara vitamin B6 berperan dalam membantu produksi sel darah putih yang bertugas memproduksi antibodi tubuh, yang menjadi salah satu fungsi sistem imun.

Vitamin B6 bisa diperoleh dari ikan seperti salmon dan tuna, kentang, dan sereal. Sedangkan vitamin B9 dapat diperoleh dari daun-daunan hijau dan alpukat. Selain itu, Realfoodfam juga bisa mencoba Realfood Super Mom yang mengandung konsentrat sarang burung walet dan asam folat, yang sangat cocok untuk wanita yang sedang merencanakan kehamilan. 

Fit with Realfood Super Mom merupakan semi concentrated birds nest sehingga menghasilkan tekstur yang lebih cair. Kandungan asam sialat yang terdapat dalam sarang burung walet dapat membantu menjaga imun tubuh dan sistem reproduksi.

  • Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang memiliki peran paling berpengaruh dalam penambahan imun tubuh. Selain berperan dalam pembentukan sel darah putih, vitamin C juga dapat membantu kinerja sel darah putih agar lebih efektif dalam menangkal radikal bebas yang menyerang sel darah putih.

Vitamin C dapat diperoleh dari sayur dan buah-buahan, terutama buah yang bersifat asam seperti jeruk, lemon, dan kiwi. Selain itu, vitamin C juga bisa berasal dari buah stroberi dan pepaya. Sedangkan vitamin C pada sayur-sayuran dapat ditemukan di brokoli, kembang kol, kubis brussel, dan berbagai jenis cabai.

  • Vitamin E

Vitamin E memiliki fungsi utama untuk melebarkan pembuluh darah sehingga mencegah terjadinya penyumbatan. Vitamin E juga memiliki peran penting sebagai penambah imun tubuh, yaitu membantu pembentukan sel T yang berfungsi membasmi sel yang terinfeksi penyakit. 

Selain itu, vitamin E juga berperan sebagai antioksidan dengan cara mengurangi kerusakan pada sel tubuh, sehingga rambut dan kulit lebih sehat dan halus. Asupan vitamin E dapat diperoleh dari sayuran berdaun hijau seperti brokoli, asparagus, jagung, biji bunga matahari, kacang almond, alpukat, mangga, dan kuning telur.

Nah, itulah nutrisi dan vitamin untuk imun tubuh yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus. Yuk, penuhi asupan vitamin dan nutrisimu dengan mencoba program 12 hari bersama Realfood di sini!

Sumber:

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4727516/
  • https://www.who.int/news-room/feature-stories/detail/how-do-vaccines-work?gclid=CjwKCAjw0qOIBhBhEiwAyvVcf2u9DPTtsHOU4SVnfy8kqwS-uxPFoSX4t2wUL6Yax9GBB1R-BaPZHhoCWQUQAvD_BwE
  • https://www.healthline.com/health/food-nutrition/foods-that-boost-the-immune-system#citrus-fruits
  • https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/nutrition-and-immunity/
  • https://www.medicinenet.com/covid_19_supplements/article.htm
  • https://health.clevelandclinic.org/eat-these-foods-to-boost-your-immune-system/
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/iron-deficiency-anemia/symptoms-causes/syc-20355034#:~:text=Iron%20deficiency%20anemia%20is%20a,is%20due%20to%20insufficient%20iron.
  • https://www.ucsfhealth.org/education/hemoglobin-and-functions-of-iron
  • https://www.healthline.com/nutrition/zinc
  • https://www.healthlinkbc.ca/health-topics/ta3868