creatine

Creatine adalah suplemen tambahan nomor satu untuk meningkatkan performa olah raga, terutama untuk meningkatkan massa otot dan menambah kekuatan. Bahkan, creatine dapat membantu menurunkan gula darah dan meningkatkan fungsi otak meskipun dibutuhkan lebih penelitian di bagian ini. Banyak orang terutama gym junkie yang percaya bahwa creatine ini berbahaya dan memiliki banyak efek samping, padahal creatine adalah suplemen olah raga yang paling sering diuji dan memiliki profil keamanan yang luar biasa. 

Apa itu Creatine? 

Creatine adalah asam organik bernitrogen dari turunan asam amino glisin, L-arginin, dan S-adenosil-L-methionin yang bertugas mengantarkan energi dalam bentuk phospocreatine (PCr). 95% creatine disimpan dalam otot, dan sisanya di dalam otak, hati, dan ginjal. Secara alami, tubuh mendapatkan creatine dari makanan yang kamu makan seperti daging merah dan seafood. Sisanya dibuat di hati dan ginjal dari asam amino. 

Sebagian atlet terutama binaragawan mengonsumsi creatine untuk meningkatkan phospocreatine dalam tubuh sehingga tubuh menghasilkan lebih banyak molekul energi yang disebut ATP. Semakin banyak ATP maka tubuh akan performa lebih baik terutama saat berolah raga. Tentunya fungsi lain dari konsumsi creatine adalah meningkatkan otot, kekuatan, dan memperkuat masa penyembuhan otot.

Manfaat Creatine 

Selain meningkatkan massa otot, performa tubuh, dan penyembuhan otot, creatine juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti: 

  • Meningkatkan daya tahan otot 
  • Meningkatkan proses penyembuhan otot
  • Meningkatkan hormon anabolik seperti IGF-1 (hormon pertumbuhan mirip insulin)
  • Meningkatkan hidrasi sel
  • Mengurangi kerusakan protein 
  • Menurunkan kadar myostation
  • Meningkatkan kemampuan otak pada penderita Alzheimer’s, Parkinson’s, Huntington’s, stroke ischemic, epilepsy, cedera otak atau tulang belakang, penyakit neuron motorik, masalah ingatan dan fungsi otak pada dewasa
  • Menurunkan kadar gula darah 
  • Membantu merawat penyakit perlemakan hati karena berat badan berlebih (non-alkoholik)

Efek Samping Creatine 

Segala sesuatu yang berlebihan akan menjadi tidak baik. Begitu juga dengan konsumsi creatine berlebih yang dapat menimbulkan masalah pada ginjal seperti batu ginjal dan gagal ginjal, gangguan pada hati, kram otot, peningkatan berat badan akibat naiknya massa otot, dehidrasi, dan gangguan pencernaan. 

Alternatif Creatine

Creatine yang paling mudah ditemukan, paling murah, dan banyak diuji keamanannya adalah creatine monohydrate. Namun, tidak semua orang memerlukan konsumsi suplemen creatine. Ada alternatif lain yang bisa kamu konsumsi yaitu Branched Chain Amino Acids (BCAA) yang terdiri dari tiga asam amino esensial: leucine, isoleucine, dan valine yang memiliki struktur unik untuk membangun otot. Selain itu, BCAA juga mempercepat metabolisme terutama di otot, daripada menggunakan glikogen terlebih dulu, selanjutnya adalah meningkatkan daya tahan dengan menekan produksi serotonin yang menyebabkan cepat lelah. Kombonasi ini akan membantu membuat darah membawa lebih banyak oksigen ke otot. Dan tentunya BCAA juga membantu memperbaiki kerusakan otot dan mengurangi rasa sakit setelah berolah raga. 

Baik creatine maupun BCAA adalah dua suplemen yang efektif dan aman dikonsumsi sebelum berolah raga. Namun, penggunaannya sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jika kamu berolah raga yang butuh ketahanan tubuh dan olah raga harian, BCAA akan lebih bermanfaat. Sedangkan untuk olah raga yang intens dan membutuhkan tenaga tambahan seperti pada atlet, creatine akan lebih baik untuk dikonsumsi. 

Kenalan yuk dengan Realfood Sporte, minuman suplemen tinggi protein terbaru dari Realfood. Terdiri dari 2 jenis: RealMeals dan Realpro Protein Boost. RealMeals adalah pengganti makanan bergizi seimbang dan komplit, kaya akan vitamin, mineral, dan asam amino essensial seperti BCAA dan EAA sebagai pengganti creatine untuk asupan gizi harian. Cocok banget nih untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan tapi tetap menjaga massa otot dan kekuatan saat berolah raga. Kandungan protein dan karbohidrat yang dilepas perlahan ini akan jadi sumber energi sekaligus tambahan tenaga lebih lama. Juga sumber antioksidan, serat, dan lemak baik tanpa gula tambahan. Kalori 210 kcal untuk 19 protein, dijamin ototmu tetap terjaga dan kemampuan olah raga tetap stabil! 

Sedangkan Realfood Sporte Realpro Protein Boost cocok buat kamu si gym junkie yang punya berat badan kurang atau sudah ideal, tapi ingin menambah massa otot. Tinggi protein, vitamin, mineral, dan asam amino essential seperti BCAA dan EAA untuk meningkatkan tenaga, pertumbuhan otot, dan tentunya tanpa gula tambahan dalam 3 pilihan rasa yang enak. Gak perlu nambah creatine lagi deh karena sudah ada BCAA di dalamnya. Worry not, kandungan protein 25 gram ini cuma 150 kcal lho! Cocok nih buat bantu penuhi makronutrien protein kamu tanpa perlu khawatir karena produk Realfood sudah mengantongi izin BPOM yang terbukti benar-benar mengandung protein berkualitas tinggi sesuai dengan yang ada di kemasan. Hati-hati tertipu dengan minuman protein yang ternyata proteinnya tidak setinggi itu ya! 

Artikel Terkait Lainnya: