pola makan diet

Salah satu cara untuk memiliki berat badan ideal adalah dengan menjalani pola makan diet. Namun, tentunya pola diet sehat harus dilakukan dengan beberapa aturan tertentu. Kuncinya adalah dengan menyeimbangkan kalori yang masuk dengan kalori yang dikeluarkan tubuh. Untuk mengetahui pola diet yang tepat untukmu, simak tips nya dalam artikel berikut. 

1. Makan Sebelum Lapar

Tips pola makan diet sehat pertama yang bisa kamu terapkan adalah makanlah sebelum rasa lapar muncul. Dengan begitu porsi makan yang dimakan akan lebih mudah dikontrol. Pasalnya jika kita baru makan ketika perut terasa lapar, porsi yang dikonsumsi akan jauh lebih banyak sehingga berat badan pun akan semakin sulit dikendalikan. 

2. Tentukan Kebutuhan Nutrisi Harian

Perlu diketahui bahwa kebutuhan kalori setiap orang berbeda tergantung pada jenis kelamin, aktivitas, dan juga berat badan. Pada wanita dewasa diperlukan 1.800-2.000 kalori setiap harinya, sedangkan pada laki-laki dewasa diperlukan 2.300-2.500 kalori. Ada baiknya kamu mengkonsultasikan kebutuhan gizimu pada dokter gizi terlebih dahulu agar pola diet sehat yang kamu lakukan bisalebih tepat sasaran. Setelah mengetahui kebutuhan kalori harianmu, kurangi kebutuhan kalori normalmu sebesar 10-20% dan jalankan pola makan diet tersebut secara konsisten. 

3. Hindari Melewatkan Waktu Makan

Selain menghindari makan dikala lapar, kamu juga tidak boleh melewatkan waktu makan lho, Realfoodfam! Ternyata hal ini sangat berpengaruh terhadap pola makan diet yang kamu jalani. Terlebih lagi melewatkan sarapan. Karena tubuh kita butuh asupan nutrisi untuk dapat menghasilkan energi seharian, seperti protein, folat, kalsium, magnesium, dan juga vitamin A. Jika kamu hanya memiliki waktu sedikit untuk sarapan, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan atau telur rebus sebagai menu sarapanmu. 

4. Batasi Kebiasaan Ngemil

Kurangi kebiasaan mengonsumsi camilan untuk menghilangkan rasa lapar atau mengisi waktu senggang, terlebih camilan yang kurang sehat, seperti keripik, gorengan, atau es krim.

Biasanya kita mengisi waktu luang dan rasa lapar dengan mengonsumsi camilan. Padahal ternyata camilan yang bisa kamu konsumsi seperti es krim, gorengan, dan keripik mengandung banyak garam, dan juga lemak jenuh yang dapat merusak pola diet sehat yang sedang kamu jalani. Ada baiknya kamu mulai mengurangi kebiasaan ngemil atau mengganti camilanmu dengan opsi yang lebih sehat seperti kacang-kacangan, buah, atau Realfood Jelly Glutabright. Memiliki kandungan dari 5 bahan penuh manfaat seperti: Sarang Burung Walet, Leci, Strawberry, Vit C, L-Glutation, dan Vit E, Realfood Jelly Glutabright ini bisa bantu kulitmu tampak lebih cerah dan sehat lho. Selain itu, Realfood Jelly Glutabright hanya mengandung 5 kkal yang pastinya tidak akan merusak pola diet sehat kamu kan!

5. Perbanyak Minum Air Putih

Selain mengonsumsi makanan dan cemilan sehat, jangan lupa untuk memastikan untuk mneghidrasi tubuh dengan konsumsi air putih. Pastikan untuk mengonsumsi minimal 8 gelas per hari atau sama dengan 2liter air. Jangan lupa untuk membiasakan minum air putih sebelum waktu makan. Dengan menghidrasi tubuh, pastinya kamu tidak akan merasa lemas atau kekurangan cairan. Selain itu, mulai biasakan untuk mengganti minuman manis dengan air putih yang jauh lebih menyehatkan. 

6. Batasi Asupan Gula, dan Garam 

Agar program dietmu sukses, tentu kamu juga perlu membatasi asupan gula dan garam pada makanan yang kamu konsumsi. Kadar sodium yang dianjurkan untuk dikonsumsi per hari adalah maksimal 2,3gram untuk menghindari munculnya penyakit kritis di kemudian hari. Selain garam, gula pun perlu dibatasi. Harus diingat bahwa gula muncul dalam banyak bentuk, seperti coklat, permen, atau kue. Jadi pastikan untuk selalu cek kadar komposisi pada makanan yang kamu konsumsi setiap hari, untuk menghindari terlalu banyak konsumsi gula dan garam. 

7. Konsumsi Makanan yang Tinggi Serat 

Dalam banyak penelitian disebutkan bahwa mengonsumsi makanan kaya serat dapat membantu menurunkan berat badan. Tak perlu pusing, karena serat ditemukan dalam sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Dengan mengonsumsi cukup serat dapat membantu mengurangi masalah pada pencernaan. Itulah 7 cara untuk mengatur pola makan diet sehat yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang. Tidak harus mengonsumsi makanan sehat dengan harga mahal, kamu bisa memulai hidup sehat dari apa yang ada di rumah seperti minum air putih dengan cukup dan makan lebih banyak buah atau sayur. Dan jangan lupa kurangi cemilan yang banyak mengandung garam dan gula, dan beralih ke Realfood Jelly Glutabright

Artikel Terkait Lainnya: