cara mengetahui jenis kulit wajah

Setiap kulit adalah unik, termasuk jenis kulit wajah yang bisa dibagi menjadi 4: kulit normal, kulit berminyak, kulit kering, dan kulit kombinasi. Keempatnya memiliki ciri khas masing-masing dan tentunya cara perawatan kulit yang berbeda juga. Agar kamu bisa menyiapkan skincare yang tepat, ada baiknya kamu tahu jenis kulit wajah serta cara mengetahui jenis kulit wajah. Ini dia 3 cara yang bisa kamu coba!

Uji Cuci Wajah 

Cara mengetahui jenis kulit wajah yang satu ini bisa dibilang cukup mudah, tetapi hasilnya tidak terlalu akurat. Pertama-tama, kamu harus menyiapkan Facial Wash dengan tekstur gel yang menghasilkan banyak busa. Lalu ikuti cara mengetahui jenis kulit wajah ini: 

  • Cuci muka di pagi hari menggunakan Facial Wash tersebut selama kurang lebih 20 detik
  • Bilas wajah dan tepuk sisa air di wajah 
  • Usahakan untuk tidak menggunakan produk apapun, setidaknya selama 30 menit. 

Lalu setelah 30 menit, kamu bisa mendapatkan hasilnya yaitu: 

  • Kulit yang terasa lembut, tidak berminyak, tidak kering, dan juga tidak kencang menunjukkan kulitmu seimbang dan normal.
  • Kulit yang terasa kencang, kasar, dan mengelupas artinya kulit kering.
  • Namun, jika kulit tampak bersinar dan lengket, sudah pasti kulitmu berminyak
  • Hati-hati dengan kulit terasa kencang tetapi mengkilap, artinya kulitmu berminyak tapi dehidrasi.
  • Sedangkan kulit kombinasi biasanya akan bagian yang terasa normal atau kering diiringi dengan bagian yang berminyak. Misalnya bagian T (dahi, hidung, dan dagu) berminyak dan bagian U atau pipi yang kering. 

Uji Kertas Minyak 

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah yang satu ini lebih akurat daripada uji cuci wajah. Terlebih karena cara mengetahui jenis kulit ini akan lebih terlihat jelas. Siapkan kertas minyak yang terbuat dari kertas atau paperfilm berwarna. Langkahnya sama seperti uji cuci wajah, bedanya adalah kamu harus mendiamkan wajah kurang lebih 3 jam dan daripada hanya mengamati, kamu harus mengambil semua sisa minyak di wajah. Ini dia cara mengetahui jenis kulit selanjutnya: 

  • Tempelkan kertas minyak pada wajah, terutama pipi dan dahi. 
  • Angkat perlahan dan amati hasil penyerapan minyak di kertas minyak

Lalu, hasilnya adalah: 

  • Jika kertas minyak penuh dengan minyak, berarti kamu memiliki kulit berminyak
  • Jika ditemukan minyak sangat sedikit atau bahkan tidak ada, berarti kamu memiliki kulit kering
  • Kulit normal sejatinya masih memiliki minyak, tetapi tidak sebanyak kulit berminyak 
  • Jika minyak hanya ada di dahi & dagu, tetapi tidak ada di pipi, artinya kamu memiliki kulit kombinasi.

Jadi sebenernya gak perlu lagi tuh cubit-cubit lagi kok buat cari cara mengetahui jenis kulit wajah. Cukup dengan dua cara di atas, kamu pasti bisa mengetahui jenis kulitmu. Perlu diingat juga bahwa jenis kulit bisa berubah-ubah ya, sesuai dengan perubahan hormon dan suhu. Terpenting adalah menjaga kondisi kulitmu dengan skincare dan makanan bergizi. Penggunaan skincare yang tepat akan membantu menyeimbangkan kulitmu, misalnya gunakan retinoid dan niacinamide pada kulit berminyak akan membantu mencegah pertumbuhan jerawat dan mengurangi produksi minyak. Sedangkan menggunakan pelembap dengan kandungan vitamin E dan shea butter akan membantu melindungi kulit kering dari kerusakan dan pengelupasan. 

Gak cuma skincare dari luar, skincare dari dalam juga harus dong! Hah, skincare dari dalam? Salah satu yang harus kamu mulai konsumsi adalah Realfood Jelly. Produk ini hadir dalam dua varian yaitu Realfood Jelly Pure & Realfood Jelly Flawless. Bukan sekedar jelly, produk inovasi Realfood Jelly merupakan beauty jelly snack pertama di Indonesia yang diadaptasi dari Korea loh! Termasuk snack yang guilt-free, Realfood Jelly memiliki kemampuan untuk membantu memperbaiki kondisi kulitmu. 

Kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhanmu, ada varian Flawless yang mengandung retinol dan collagen untuk mencerahkan kulit serta varian Realfood Jelly Pure yang diperkaya labu kuning, wortel, dan madu hutan yang kaya akan antioksidan. Keduanya mengandung sarang burung walet, kalori rendah (5kkal), yang bisa kamu konsumsi sebagai skincare dari dalam! 

Nyemil skincare ini bagus banget buat kulitmu, gak peduli apapun jenis kulitmu karena kedua jelly ini mampu memberikan manfaat untuk kulitmu. So, gak usah ragu lagi, segera lakukan cara mengetahui jenis kulitmu dan rutin konsumsi Realfood Jelly ya untuk dapatkan kulit cantik dan sehat ala Realfood!

Artikel Terkait Lainnya: