makanan bernutrisi tinggi

Makanan enak dan mau dimakan si kecil aja gak cukup! Anak butuh makanan bernutrisi tinggi agar tumbuh kembang lebih optimal dan tentunya mendukung kecerdasan otak terutama di masa golden age. Di masa 0-5 tahun, bunda harus pintar-pintar memberikan makanan bernutrisi tinggi ya! 

Makanan nutrisi tinggi sebenarnya tidak sulit lho disajikan setiap hari, tapi ada tantangan tersendiri saat anak menolak konsumsi makanan tersebut. Coba deh hias makanan menjadi bento dengan cetakan lucu. Biasakan anak juga untuk makan bersama agar anak melihat contoh dari kedua orang tuanya. Yuk simak makanan bernutrisi tinggi yang sebaiknya anak bunda mulai konsumsi. 

1. Ikan Kembung

Makanan bernutrisi tinggi pertama yang sangat diperlukan untuk tumbuh kembang dan otak anak adalah ikan! Ikan secara alami mengandung asam lemak omega 3 atau DHA yang dibutuhkan untuk kesehatan otak. Selain itu, ikan juga kaya akan protein yang membantu tumbuh kembang tubuh. Ikan yang memiliki kandungan omega 3 tinggi dan rendah merkuri adalah ikan salmon, tapi mengingat harganya yang mahal, bunda juga bisa menggunakan ikan kembung yang sama bagusnya dengan salmon. Ikan kembung juga kaya akan vitamin A, D, E, K, dan B12. 

2. Telur 

Protein murah meriah yang juga merupakan makanan bernutrisi tinggi ini juga bisa lho bunda berikan pada anak. Tingginya kadar vitamin A, D, E, K dan kolin dalam kuning telur sangat baik untuk perkembangan kecerdasan otak. Putih telur yang kaya akan protein dan albumin juga baik untuk tumbuh kembang si kecil.

3. Sayur 

Si kecil enggan makan sayur? Sayur adalah makanan nutrisi tinggi, terutama tomat, wortel, brokoli, labu, dan bayam. Semua sayur berwarna mengandung antioksidan yang sangat baik untuk pencernaan dan kecerdasan otak. Cobalah untuk mengolah sayur dengan lebih unik dan tidak terlihat jelas di mata si anak agar mereka mau memakanya! 

4. Susu 

Bukan rahasia lagi kalau susu adalah salah satu makanan bernutrisi tinggi untuk anak. Kaya akan protein, kalsium, kalium, dan Vitamin D yang bagus untuk pertumbuhan tulang, sistem saraf, otot tubuh, dan tentunya untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Susu juga mengandung karbohidrat yang bantu mengurangi rasa lapar. Jadi penting banget nih memberikan susu kepada anak secara rutin. 

5. Sarang Burung Walet

Makanan bernutrisi tinggi yang satu ini sering sekali digunakan pada Traditional Chinese Medicine (TCM) karena tinggi kandungan mineral, asam amino, protein, asam sialat yang baik untuk sistem kekebalan tubuh anak. Selain itu juga sarang burung walet tinggi akan Epidermal Growth Factor (EGF) yang membantu merangsang pertumbuhan otak dan memperkuat memori. Buat bunda yang bingung cara membersihkan dan mengolah sarang burung walet, coba deh berikan Fit With Realfood Stay Fit ke si kecil. Formulasi semi-concentrated yang mudah dikonsumsi si kecil ini bisa bantu nyokong sistem imun si kecil sekaligus memberikan kebutuhan makanan nutrisi tinggi untuk otak si kecil lho! 

Selain dibantu dengan makanan bernutrisi tinggi yang alami dan Realfood Stay Fit, juga dorong pertumbuhan anak dengan gaya hidup aktif dan proses pembelajaran yang menyenangkan. Yuk, rutin konsumsi mulai sekarang sebagai investasi untuk tumbuh kembang anak kita karena kesehatan dan tumbuh kembang anak itu dimulai dari makanan bernutrisi tinggi dan berkualitas setiap hari. 

Artikel Terkait Lainnya: