baking soda

Baking soda atau natrium bikarbonat mungkin lebih lazim berada di dapur untuk pembuatan kue, tetapi sebenarnya baking soda memiliki manfaat lain lho termasuk untuk kulit. Di Korea Selatan, sudah banyak skincare yang mengandung baking soda agar wajah tampak mulus dan bebas noda!

Baking soda sendiri adalah garam yang bersifat basa sehingga dapat menetralkan asam, sehingga mampu mengontrol produksi minyak berlebih dan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, P. acnes. Selain itu, buliran baking soda juga cukup lembut untuk digunakan sebagai eksfoliator untuk mengangkat sel kulit mati. Coba kita lihat lebih banyak yuk manfaat dari baking soda ini!

1. Mengatasi jerawat 

Pada kulit yang sangat berminyak dan berjerawat, terkadang dibutuhkan zat bersifat basa seperti baking soda di dalam skincare. pH basa biasanya bisa ditemukan pada pembersih wajah atau facial wash, sehingga membantu membersihkan wajah dari minyak berlebih dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Rasa segar dan bersih akan dirasakan pada skincare dengan kandungan baking soda. Namun, perlu diingat untuk menggunakan skincare dengan kandungan asam seperti exfoliating toner setelahnya agar kulit tidak terlalu kering ya. 

2. Mencegah Bekas Jerawat

Jerawat kemungkinan besar akan meninggalkan bekas jerawat dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, mengunakan skincare dengan kandungan baking soda mampu mencegah munculnya bekas jerawat lho! 

3. Exfoliator Alami

Jika Realfoodfam suka menggunakan scrub, coba deh ganti scrub yang kasar seperti butiran biji aprikot atau gula dengan baking soda. Bakin soda memiliki butiran yang lebih halus tetapi mampu mengangkat sel-sel kulit mati dengan efektif karena baking soda adalah garam. Selain itu, kulit juga terasa segar bebas minyak setelah menggunakan baking soda sebagai scrub lho!

4. Melembutkan Kutikula Jari 

Kutikula adalah kulit ari yang ada di pinggiran kuku dan membuat tangan terasa kurang nyaman dan kurang cantik. Terutama jika ditarik, akan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Coba deh gunakan baking soda untuk memijat lembut jari tanganmu sambil mendorong kutikula kuku agar lebih lembut. 

5. Mencerahkan Kaki

Kaki yang gelap, kusam, hingga kering dapat di atasi dengan merendam kaki dalam air hangat berisi baking soda. Merendam kaki juga membantu mengurangi rasa pegal pada kaki lho. Sebelum rendam, cobalah untuk menggosok kaki dengan baking soda agar bekas gigitan nyamuk yang hitam memudar. Lakukan ini setidaknya 2-3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal. 

6. Mengatasi Bintik Hitam 

Punya masalah bintik hitam kecil di area hidung? Eits, jangan salah, belum tentu komedo hitam lho! Bisa jadi itu adalah gumpalan minyak dan kotoran yang sebenarnya bisa diatasi dengan menggunakan baking soda! Cobalah untuk rutin menggunakan scrub baking soda dan pijat secara lembut agar hidung tampak mulus bebas bintik hitam. 

7. Scrub Rambut yang Ampuh 

Masalah rambut biasanya tidak jauh-jauh dari ketombe, kulit kepala berminyak, hingga rambut yang mudah lepek. Hal ini diperparah dengan penggunaan produk penata rambut seperti hair spray, wax, dll. Nah, coba deh campurkan baking soda ke shampoo sebagai scrub. Baking soda membantu menyeimbangkan produksi minyak pada kulit kepala sehingga rambut tidak mudah lepek. Selain itu baking soda juga membantu membersihkan setiap helaian rambut dengan menyeluruh. 

8. Membantu Mengecilkan Pori-pori 

Pori-pori yang besar biasanya disebabkan karena produksi minyak yang berlebih. Baking soda tidak hanya merupakan eksfoliator yang baik, tetapi juga membantu mernyeimbangkan produksi minyak di wajah sehingga pori-pori tampak lebih kecil. Cobalah untuk mencari toner dengan kandungan baking soda agar mampu mengecilkan pori-pori. 

9. Membuat Kulit Lebih Bersinar 

Baking soda membantu mencerahkan kulit, terutama jika dicampur dengan zat asam seperti AHA, BHA atau witch hazel. Keduanya jika bekerjasama akan membantu mengangkat sel kulit mati dan mendorong produksi kolagen pada kulit. Sehingga baking soda dapat menjadi pencerah alami untuk kulit yang kusam. 

Namun, perlu diingat ya Realfoomfam, sebaiknya tidak membuat DIY skincare dengan mencampurkan baking soda dan air lemon atau cuka apel karena takaran yang tidak pas justru dapat membuat wajah iritasi dan mudah terbakar sinar UV lho! 

10. Mengurangi Minyak di Kulit 

Seperti yang sudah dijabarkan di atas, baking soda dapat mengurangi produksi sebum. Terutama pada kelenjar sebaceous yang bekerja berlebihan akibat ketidakseimbangan hormon. Hal ini biasa terjadi pada remaja dan pria dewasa. Penggunaan skincare dengan kandungan baking soda bisa menjadi solusi dari kulit berminyak lho, bahkan bisa mencegah munculnya jerawat baru akibat wajah yang kotor.

Ternyata banyak ya manfaat dari baking soda? Well, perlu diingat ya Realfoodfam, baking soda adalah garam yang bersifat basa sedangkan kulit wajah kita memiliki pH cenderung asam. Sebaiknya batasi penggunaan baking soda dalam DIY skincare dan gunakan skincare dengan kandungan baking soda yang sudah diformulasi sedemikian rupa. Kita tunggu aja yuk, ada kejutan apa sih dengan skincare dan baking soda dari Realfood. Ditunggu ya, Realfoodfam!

Artikel Terkait Lainnya: