kurma muda

Bukan rahasia lagi kalau begitu banyak manfaat kurma muda untuk kesehatan. Tidak hanya untuk kesehatan, kurma muda juga menjadi solusi bagi para perempuan yang sedang melakukan program hamil atau promil. 

Kurma muda sendiri adalah buah kurma segar yang belum matang sehingga rasanya tidak semanis kurna yang telah matang dan berwarna coklat kehitaman. Saat mengonsumsi kurma muda, mungkin kamu akan merasakan rasa asam dan sensasi kesat di mulut yang unik sehingga banyak orang meminum air rebusannya atau dijus agar lebih mudah dikonsumsi. Yuk, simak 8 manfaat kurma muda untuk promil yang perlu kamu ketahui!

1. Meningkatkan Kesuburan 

Sebelum menikah, ada baiknya mulai mengonsumsi kurma muda untuk meningkatkan kesuburan dengan kandungan zat besi, serat, dan antioksidan. Tidak cuma perempuan, laki-laki juga bisa mengonsumsi kurma muda untuk meningkatkan kualitas sperma.

2. Meningkatkan Energi 

Meskipun mengandung lebih sedikit gula daripada kurma biasa, kurma muda dapat meningkatkan energi terutama pada ibu hamil yang mudah lemas dan kehilangan banyak tenaga dari aktivitas sehari-hari. Konsumsi beberapa butir kurma muda mampu meningkatkan gula darah di dalam tubuh tanpa menyebabkan lonjakan berlebihan. 

3. Mencukupi Kebutuhan Zat Besi 

Cegah risiko bayi lahir cacat dengan konsumsi asam folat dan zat besi. Jika asam folat berguna untuk pertumbuhan otak, zat besi berguna untuk pembentukan sel dan tulang bayi. Ibu hamil yang kekurangan zat besi akan meningkatkan kemungkinan bayi lahir cacat sehingga konsumsi kurma muda sangat baik untuk dimulai dari masa promil. Penting banget nih untuk ibu hamil yang sering pusing dan lemas karena anemia, yuk rajin konsumsi kurma muda! 

4. Melancarkan Pencernaan

Lurma muda kaya akan serat yang dibutuhkan pencernaan. Serta berperan penting dalam mencegah sembelit sehingga buang air bersar lebih teratur. Kandungan kalium dalam kurma juga dapat mengatasi diare dan kadar gula dalam kurma menjadi makanan bakteri baik di usus. 

5. Menjaga Kesehatan Otak 

Ternyata kurma muda juga membantu meningkatkan fungsi otak terutama dalam memberikan perlindungan terhadap stres oksidatif dan peradangan di otak. Hal ini terjadi karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalam kurma muda seperti flavonoid. 

6. Membantu Menjaga Kekuatan Tulang

Kurma muda kaya akan tembaga, fosfor, magnesium, selenium, dan mangan, mineral yang penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan ulang. Kurma muda juga kaya akan vitamin K untuk pembekuan darah lho! 

7. Rendah Gula dan Kalori 

Pada promil atau ibu hamil, banyak dokter memberikan metformin atau obat gula agar kadar gula darah dalam tubuh lebih stabil. Hal ini sangat penting untuk mencegah terjadinya keguguran. Kurma muda bisa menjadi alternatif cemilan yang baik karena kandungan gula dan kalori yang rendah. Begitu juga dengan memampuan menaikkan gula darah atau biasa disebut indeks glikemik, kurma muda memiliki indeks glikemis yang cenderung rendah. 

8. Lebih Banyak Kandungan Air 

Berbeda dengan kurma, kurma muda cenderung memiliki lebih banyak air karena tidak melalui proses pengeringan. Hal ini membuat kurma muda dapat membantu menjaga hidrasi tubuh dan lebih banyak mengandung mineral yang baik untuk tubuh. 

Jadi udah tahu dong manfaat kurma muda untuk promil? Namu, khusus untuk promil dan ibu hamil ada baiknya konsumsi makanan suplemen yangs sehat untuk menjaga kesehatan serta menunjang pertumbuhan janin dengan gizi yang tepat. 

Salah satunya adalah dengan rutin mengonsumsi Realfood Program Sehat 12 Hari Wonder Mom atau Super Mom. Keduanya diperkaya dengan sarang burung walet berkualitas tinggi yang kaya akan Epidermal Growth Factor untuk perkembangan janin, asam amino esensial, asam sialat, asam folat, dan antioksidan. Cocok sekali dikonsumsi di pagi hari, bersamaan dengan kurma muda untuk kesehatan tubuh selama hamil. Terutama untuk kamu yang menjalankan ibadah puasa, supaya tetap segar dan berenergi seharian! 

Buat hidangan pembuka puasa yang rendah gula tapi tetap memberikan tenaga dan terasa kenyang, kamu bisa berbuka dengan Ever Glow yang diperkaya ekstrak kurma sebagai pemanis alami. Promil lancar, puasa lancar!

Artikel Terkait Lainnya: