marine collagen

Kolagen adalah salah satu jenis protein yang terbuat dari asam amino yang membentuk ⅓ protein pada tubuh manusia. Kolagen sendiri berada di tulang, kulit, tendon, dan ligamen, termasuk organ seperti pembuluh darah, kornea mata, dan gigi. Dapat dianalogikan, kolagen adalah sebuah lem yang mengikat dua benda karena diambil dari Bahasa Yunani: Kólla, yang berarti lem. Otomatis, tubuh secara alami memproduksi kolagen dan akan turun dengan bertambahnya usia sehingga perlu konsumsi kolagen sintetis seperti marine collagen.

Mengenal Marine Collagen

Marina collagen adalah salah satu tipe kolagen yang berasal dari peptida kolagen hayati lautan seperti kulit ikan, di mana biasanya kolagen berasal dari kulit babi atau kulit sapi. Marine collagen sendiri menjadi pilihan yang sempurna untuk mereka yang enggan mengonsumsi kolagen karena alasan agama dan khawatir masalah penyakit sapi gila. 

Marina collagen juga merupakan alternatif yang lebih sustainable dikarenakan menggunakan bahan baku yang dianggap “sampah” di industri makanan. Hal ini membuat marine collagen lebih ekonomis dengan harga terjangkau dan ramah lingkungan daripada kolagen dari sapi dan babi. 

Perbedaan Marine Collagen dan Kolagen Lainnya

Perbedaan utama dari marine collagen dengan jenis kolagen lainnya adalah jenis dari kolagen itu sendiri. Setidaknya ada 28 jenis kolagen yang dapat ditemukan pada tubuh manusia. Namun, ada tiga jenis yaitu tipe I, tipe II, dan tipe III yang mencakup sekitar 90% kolagen di seluruh tubuh. 

Marine collagen sendiri kaya akan tipe I dan II. tipe I berada di seluruh tubuh kecuali tulang rawan dan tipe II dapat ditemukan di tulang rawan. Kolagen sapi dan babi yang diberi makan rumput sangat tinggi akan kolagen tipe I & III. Kolagen tipe III sendiri banyak ditemukan di kulit, otot, dan pembuluh darah sehingga kombinasi tipe I & III membuat kolagen sapi unggul untuk kesehatan secara keseluruhan. Nah, marine collagen ini memang lebih fokus ke penyembuhan luka dan kesehatan tulang rawan, tetapi juga bisa menjadi alternatif untuk Realfoodfam yang tidak mengonsumsi daging merah.

Manfaat Marine Collagen 

Meskipun kolagen sapi lebih unggul daripada marine collagen, bukan berarti marine collagen lebih banyak mudaratnya, lho! Marine collagen juga mampu memberikan manfaat untuk kita antara lain: 

  • Meningkatkan Elastisitas Kulit 

Konsumsi rutin marine collagen yang kaya akan kolagen tipe I akan membantu membuat kulit terlihat lebih halus dan kencang karena keelastisitasan kulit terjaga. Marine collagen juga membantu regenerasi sel-sel kulit yang baru sehingga kulit tampak lebih sehat dan kenyal. 

  • Meningkatkan Pertumbuhan Rambut 

Marine collagen juga dapat membantu rambut tampak lebih sehat lho! Hal ini karena marine collagen dapat membantu memperbaiki dermis kepala yang membuat akar rambut lebih kuat dan tidak mudah rontok.

  • Meningkatkan Kualitas Tidur

Salah satu asam amino yang banyak terdapat pada marine collagen adalah glycine yang mampu meningkatkan kualitas tidur. Glycine akan membantu menjaga keseimbangan temperatur tubuh dan kadar gula darah sehingga kualitas tidur lebih baik.

  • Menjaga Kesehatan Sistem Cerna 

Mulai dari stress hingga makanan kurang bergizi dapat menyebabkan kerusakan di dinding usus dan menyebabkan “leaky gut” di mana benda asing masuk ke aliran darah dan menyebabkan peradangan dalam tubuh. Marine collagen kaya akan glycine dan glutamine yang membantu menjaga kesehatan dinding usus dan mengurangi inflamasi dalam tubuh.

  • Meningkatkan Efek Olah Raga

Marine collagen yang kaya akan asam amino akan membantu tubuh menghasilkan creatine untuk mendukung pertumbuhan massa otot dan meningkatkan performa olah raga. Selain itu, marine collagen juga kaya akan proline yang bersifat antioksidan untuk mencegah kerusakan sel paska berolah raga.

  • Menjaga Kesehatan Tulang 

Nah, karena marine collagen kaya akan kolagen tipe II, marine kolagen juga mampu membantu menjaga kesehatan tulang terutama tulang rawan. Selain itu juga mampu meningkatkan penyerapan kalsium, fosfor, dan mineral lain di dalam tubuh. 

Gimana, Realfoodfam, mau rutin mengonsumsi marine collagen? Worry not, kamu bisa dapatkan segala kebaikan marine collagen dengan mengonsumsi Realfood Program Sehat 12 Hari Forever Young karena sudah diperkaya dengan sarang burung walet yang kaya akan Epidermal Growth Factor, asam amino, asam sialat, dan pastinya diperkaya dengan marine collagen 1000mg lho! Setelah 12 hari, rasakan manfaat marine collagen di kulitmu deh! 

Artikel Terkait Lainnya: