diet golongan darah

Memiliki tubuh ideal adalah dambaan kebanyakan orang. Tak heran banyak yang menjalani program diet atau rajin olahraga demi mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan. Namun tahukah kamu, kalau kamu juga bisa menurunkan berat badan dengan efektif melalui cara diet golongan darah. Cara ini dipercaya sebagai salah satu metode efektif untuk menurunkan berat badan dan juga diyakini mampu menjaga kesehatan tubuh. 

Diet golongan darah biasanya dilakukan dengan menghindari bahan atau kandungan tertentu sesuai dengan golongan darah. Pola diet ini diperkenalkan pertama kali oleh Peter D’Adamo seorang pakar nutrisi dan naturopati. Ia meyakini bahwa makanan yang baik bagi satu golongan darah belum tentu tepat untuk golongan darah lainnya. Bahkan pola makan golongan darah ini diyakini bisa mengurangi resiko penyakit kronis. Penasaran kan seperti apa sih pola diet yang sesuai dengan golongan darah kamu? Yuk kita bahas satu-persatu. 

1. Golongan Darah B

Pemilik golongan darah B dikenal dapat mengonsumsi makanan apa saja. Meski begitu, golongan darah B rentan terhadap penyakit jantung dan juga insomnia. Untuk itu, ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari oleh pemilik golongan darah ini agar program diet golongan darah B efektif. Diantaranya adalah udang, gandum, jagung, dan mie. Sebaliknya, beberapa jenis makanan ini justru dianjurkan untukmu yang memiliki golongan darah B, yaitu sayuran hijau, susu, dan daging. 

Selain makanan, program diet tentunya perlu diiringi dengan olahraga. Untuk golongan darah B, kamu disarankan untuk melakukan olahraga intensitas sedang seperti power walk, tenis atau  latihan keseimbangan

2. Golongan Darah A

Golongan darah A dikenal rentan terhadap beberapa penyakit seperti diabetes, dan jantung. Pasalnya golongan darah A memiliki konsistensi kekentalan darah yang bisa membuat darah beredar dengan lambat dan menjadi penumpukan kotoran di dinding arteri. Namun bukan berarti hal ini tak bisa dihindari. Salah satunya dengan menjaga pola makan untuk golongan darah, makanan yang bisa kamu kurangi mulai sekarang adalah cumi, udang, lobster, daging bebek, mentega, keju, ubi dan terong. Selain itu jauhi juga minuman bersoda ya. 

Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi ikan laut, ikan air tawar, tempe dan sayur hijau selama menjalankan pola diet golongan darah A. Untuk olahraga, kamu bisa melakukan olahraga yang low impact seperti yoga, atau tai chi yang fokus pada pernapasan, dan pikiran. 

3. Golongan Darah AB

Lain halnya seperti pemilik golongan darah B dan A, golongan darah AB biasanya lebih rentan terhadap penyakit telinga dan pernapasan. Untuk makanan dan minuman yang baiknya dihindari oleh pemilik golongan darah ini biasanya susu sapi segar, susu kambing, daging ayam, daging sapi, keju, dan olahan susu lainnya. Ada baiknya pemilik golongan darah ini banyak mengonsumsi ikan patin, lele, sarden, tuna, dan buah-buahan seperti anggur, nanas, dan yogurt. 

Olahraga yang paling tepat sebagai penunjang diet golongan darah AB adalah jenis olahraga yang merupakan perpaduan antara golongan darah A dan B, seperti kardio atau yoga. 

4. Golongan Darah O

Pemilik golongan darah yang biasa dikenal disukai nyamuk ini memang rentan terhadap alergi dan gatal-gatal. Untuk itu jika kamu pemilik golongan darah O, pastikan untuk selalu jaga kebersihan ya. Untuk makanan, perbanyak konsumsi kerang, kacang tanah, jamur, dan kopi. Sebaliknya, konsumsilah makanan seperti tuna, udangm kacang polong susu kedelai, dan terong sehari-harinya. Pastikan perbanyak asupan protein dan kurangi karbohidrat bagi pemilik golongan darah O. Jangan lupa rutin lakukan olahraga lari, berenang, atau bersepeda untuk menjaga berat badan dan memaksimalkan diet golongan darah O yang kamu lakukan

Selain menjaga makanan dan rutin berolahraga, kamu juga bisa menurunkan berat badan dengan mengonsumsi Realfood Cleanse Passion Power yang bisa membantu perjalanan diet dan detox mu. Terbuat dari 12 jenis buah dan sayuran yang kaya akan serat, Realfood Cleanse Passion Power ini juga memiliki kandungan utama sarang burung walet yang berperan sebagai prebiotik dalam tubuh. Konsumsi pagi atau malam hari sesudah makan, dan rasakan bedanya dalam 12 hari! Realfood Cleanse Passion Power tidak memberikan efek samping bolak balik ke kamar mandi atau rasa mules lho, Realfoodfam!

Perlu diingat bahwa pola diet ini hanya berdasar pada golongan darah yang kita miliki tanpa melihat historikal penyakit bawaan yang kita miliki. Untuk itu pengaplikasiannya pun perlu diperhatikan dengan benar. Terutama bagi orang yang memiliki penyakit bawaan seperti diabetes yang memerlukan menu khusus. Untuk itu ada baiknya sebelum menjalankan diet golongan darah, kamu melakukan konsultasi dengan dokter untuk menentukan apakah cara ini baik dan cocok untuk kamu lakukan.

Artikel Terkait Lainnya: