makanan penambah massa otot

​​Bagi Realfoodfam yang ingin membentuk dan meningkatkan massa otot, tidak hanya bisa mengandalkan olahraga saja. Tetapi juga penting untuk memperhatikan asupan serta pola makannya. Lalu, apa saja makanan penambah massa otot? Yuk, simak ulasannya berikut ini:

Makanan untuk Menambah Massa Otot

Zat gizi protein memang identik untuk membentuk otot. Namun, Realfoodfam juga perlu asupan karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi. Di bawah ini adalah berbagai makanan untuk menambah massa otot yang bisa dikonsumsi:

1. Telur

Ini adalah jenis makanan yang murah, mudah didapat, dan diolah. Baik putih telur dan kuningnya, keduanya memiliki sejumlah kandungan utama sebagai penguat dan pembentuk otot. Kandungan tersebut adalah omega-3, vitamin D, vitamin B, amino leusin, dan fosfolipid.

2. Dada Ayam

Di dalam 100 gram dada ayam mengandung hampir 30 gram protein. Jumlah ini hampir memenuhi 50% kebutuhan protein harian orang dewasa. Selain kaya akan protein, dada ayam juga mengandung vitamin B3 dan vitamin B6 yang berfungsi untuk mengubah zat gizi menjadi energi.

3. Salmon

Makanan penambah massa otot dan baik untuk kesehatan secara keseluruhan adalah salmon. Setiap 85 gram salmon mengandung sekitar 17 gram protein serta 2 gram asam lemak omega-3 yang berperan penting untuk kesehatan otot dan meningkatkan penambahan otot selama program latihan.

4. Daging Sapi Tanpa Lemak

Adanya kandungan protein tinggi, vitamin B kompleks, mineral, dan keratin membuat daging sapi menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan jumlah massa otot. Namun, pilihlah potongan daging sapi rendah lemak dengan sedikit gajih untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5. Udang

Setiap 85 gram udang mengandung 18 gram protein, 1 gram lemak, dan 0 karbohidrat. Dengan demikian, udang menjadi salah satu alternatif bagi Realfoodfam yang ingin mengkonsumsi protein pembentuk otot tanpa terlalu banyak kalori tambahan.

6. Kacang Kedelai

Dalam 100 gram kedelai matang, terkandung 15 gram protein yang setara 25% kebutuhan harian orang dewasa. Kacang kedelai juga mengandung zat besi, fosfor, vitamin K, serta semua jenis asam amino, khususnya leusin yang berperan penting dalam pembentuk massa otot.

7. Quinoa

Selain mengandung karbohidrat, quinoa juga termasuk sumber protein yang baik untuk otot. Terdapat 8 gram protein dalam 185 gram quinoa yang bermanfaat untuk membentuk otot yang diinginkan.

8. Tuna

Ikan tuna termasuk sumber makanan yang kaya akan protein, namun rendah kalori dan juga lemak. Dalam 85 gram ikan tuna, terkandung 20 gram protein dan 92 kalori. Ada juga kandungan vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, niacin, dan asam lemak omega-3 dalam jumlah besar.

9. Kerang

Selain udang, kerang juga tinggi akan protein dan memiliki kadar lemak serta kalori yang rendah, Dalam 85 gram kerang, mengandung sekitar 20 gram protein sehingga cocok masuk dalam daftar makanan penambah massa otot.

10. Edamame

Satu cangkir edamame (155 gram) terkandung 17 gram protein dan 8 gram serat. Ada juga kandungan folat yang membantu tubuh dalam memproses bahan penyusun protein serta berperan penting untuk kekuatan dan massa otot yang optimal.

Pola Makan untuk Menambah Massa Otot

Membentuk otot tidak hanya memperhatikan asupan yang dikonsumsi, tetapi juga pola makan. Dengan memperhatikan pola makan, maka membangun massa otot menjadi lebih efisien dan cepat. Berikut ini adalah pola makan yang bisa ditiru untuk menambah massa otot:

  • Hindari melewati sarapan karena akan memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas seharian dan membantu tubuh tetap kenyang hingga waktu ngemil dan makan siang.
  • Mengkonsumsi protein, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat.
  • Selalu mengkonsumsi buah karena kaya akan nutrisi, mineral, serat dan rendah kalori.
  • Hindari mengkonsumsi makanan olahan.

Selain mengkonsumsi makanan penambah massa otot dan menerapkan pola makan, dukung pemenuhan kebutuhan nutrisi harian dengan Realfood Sporte, yaitu minuman suplemen tinggi protein yang hadir dalam dua varian, yaitu Real Meals dan Real Pro.

Sporte Real Meals cocok bagi Realfoodfam yang tengah menjalani program diet karena bisa dijadikan sebagai pengganti makanan bergizi seimbang dan komplit, kaya akan vitamin, mineral, serta asam amino yang mampu memenuhi nutrisi harian.

Selain itu, Sporte Real Meals juga mengandung karbohidrat slow release menjadikan Realfoodfam kenyang lebih lama. Sedangkan Sporte Realpro adalah supplement whey tinggi protein dengan sarang burung walet yang cocok bagi Realfoodfam yang sedang rajin latihan fisik secara rutin untuk meningkatkan massa otot.Realfood Sporte Realpro dapat dijadikan sebagai protein boost yang alami karena mengandung 25 gram protein yang dapat membantu pertumbuhan otot. Suplemen nutrisi tambahan ini juga dapat dijadikan sumber protein lengkap yang membantu meningkatkan tenaga untuk latihan lebih lama.

Artikel Terkait Lainnya: