6 Manfaat Semangka untuk Kulit dan Tubuh

Biasa dinikmati saat musim panas atau di siang hari, buah semangka dikenal memiliki kandungan vitamin seperti A, dan C yang baik untuk tubuh. Tidak hanya memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, ternyata banyak lho manfaat semangka untuk tubuh dan kulit kita, Realfoodfam. 

Jadi, apa saja manfaat buah semangka ini bagi kesehatan tubuh, kulit, dan juga rambut? Yuk simak manfaatnya di bawah ini!

1. Menjaga Tekanan Darah

Dalam penelitian oleh Florida State University disebutkan bahwa buah semangka dikenal kaya akan citrulline yang tergolong ke dalam asam amino esensial yang dapat membantu menjaga tekanan darah. Tak hanya itu, buah semangka juga dapat mengatur tekanan darah selama olahraga.

2. Meningkatkan Energi

Manfaat semangka yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan energi. Semangka sebagai sumber vitamin B yang baik dan berperan untuk meningkatkan produksi energi dalam tubuh. Semangka juga mengandung kalium yang merupakan elektrolit yang membuat tubuh tidak terasa lelah. Caranya kamu bisa mengonsumsi buah semangka baik secara utuh atau dibuat jus untuk menambah energi selama beraktivitas seharian. 

3. Meredakan Jerawat

Kabar baik untuk Realfoodfam yang hobi mengonsumsi buah semangka, ternyata salah satu manfaat semangka juga dapat membantu meredakan jerawat secara alami. Daging buah semangka yang berwarna putih dan kulitnya memiliki kandungan vitamin B6, A, dan C. Selain mengonsumsinya, kamu juga bisa menggosok-gosokkan bagian putih semangka pada wajah di pagi dan malam hari.

Selain semangka, kamu juga bisa lho mengonsumsi snack jelly dengan sarang burung walet yaitu Realfood Jelly Pure. Kandungan sarang burung walet, labu kuning, wortel, kolagen, dan juga madu hutan didalamnya dapat membantu permasalahan kulit lho. Cemilan jelly sehat yang diadaptasi dari Korea ini bisa membantu meredakan jerawat, mengurangi bekas jerawat, dan berperan sebagai anti aging berkat kandungan birds nest dan bahan lain didalamnya. Kamu bisa mengonsumsi Realfood Jelly Pure yang mengandung sarang burung walet kapanpun dan dimanapun. 

4. Mengontrol Minyak Berlebih pada Wajah

Buah semangka dikenal memiliki banyak kandungan vitamin A yang dapat mengecilkan pori-pori dan meminimalisir minyak berlebih dari kelenjar kulit sebaceous. Manfaat semangka juga bisa dirasakan bagi Realfoodfam yang memiliki kulit berminyak maupun kulit kering. Caranya dengan mengoleskan bagian putih semangka pada wajah selama 20 menit, kemudian bilas dengan pembersih wajah favoritmu. Kulit semangka memiliki daya serap tinggi, sehingga mampu mengatasi kulit kering dan mengurangi terjadinya produksi minyak berlebih di wajah.

5. Mencegah Penuaan Dini

Semangka merupakan salah satu sumber vitamin yang kaya akan likopen, vitamin A, dan C. Semua kandungan ini sangat baik untuk mengurangi efek radikal bebas di kulitmu yang dapat menyebabkan keriput, flek hitam, dan juga garis halus. Realfoodfam dapat menggunakan semangka sebagai masker wajah dan mengonsumsi buahnya untuk mendapatkan hasil terbaik dari luar maupun dari dalam. 

6. Menghilangkan Mata Panda

Manfaat semangka yang terakhir sangat cocok untuk Realfoodfam yang suka begadang atau memiliki waktu tidur yang tak tentu. Pastinya hal tersebut membuat mata panda atau kantung mata sering muncul, kan? Untuk mengatasinya, kamu juga bisa melakukan perawatan dengan buah semangka dengan mengaplikasikan kulit semangka bagian putihnya saja pada bagian mata panda seperti masker wajah. Lakukan secara rutin sebelum tidur agar hasilnya lebih maksimal.

Itulah 6 manfaat buah semangka untuk tubuh dan juga kulit Realfoodfam. Jadi semakin tertarik untuk sering mengonsumsi buah semangka kan agar kulit tetap sehat? Ternyata selain buahnya bisa dimakan, kulit dalam hingga bagian putihnya juga bagus untuk kulit. Jadi yuk lebih sering memaksimalkan buah yang kita konsumsi, selain untuk kesehatan tubuh, juga untuk menjaga lingkungan. Atau Realfoodfam juga bisa mengonsumsi olahan sarang burung walet dari Realfood seperti Realfood Jelly Pure untuk membantu meredakan jerawat dan juga mencegah penuaan dini. Kamu bisa beli sarang burung walet dari Realfood di Official Store Tokopedia dan Shopee!

Baca Artikel Lainnya: