manfaat serum

Sama seperti tubuh, kulit wajah juga memerlukan nutrisi untuk menjaga kesehatan dan juga kelembapan. Biasanya nutrisi wajah dipenuhi dengan penggunaan serum wajah. Lantas sebenarnya apa itu serum dan juga manfaat serum wajah? Serum wajah adalah larutan konsentrat yang mengandung sejumlah bahan aktif untuk menutrisi dan memenuhi kebutuhan kulit. Biasanya serum wajah juga memiliki kandungan aktif seperti mineral, vitamin dan juga antioksidan. Umumnya serum hadir dalam bentuk elixir dan dalam bentuk botol kecil yang diaplikasikan ke wajah. Fungsi serum wajah pun bermacam-macam, salah satunya yang banyak diincar wanita Indonesia adalah serum wajah untuk mencerahkan. Tak heran jika biasanya harga serum lebih mahal dibandingkan rangkaian skincare lainnya. Hal ini dikarenakan manfaat serum wajah dapat lebih efektif menyerap ke dalam lapisan kulit. 

Tapi perlu diketahui bahwa serum wajah memiliki banyak sekali tipe atau jenis yang tergantung dengan jenis dan permasalahan kulit yang dimiliki. Biasanya hal ini yang menentukan bahan aktif apa yang digunakan dalam serum tersebut. 

Ada baiknya Realfoodfam mengetahui apa saja manfaat dan fungsi serum wajah, sehingga kamu bisa memilih produk atau kandungan yang lebih tepat untuk permasalahan kulit yang kamu miliki. 

1. Mengurangi minyak berlebih

Fungsi serum wajah bisa digunakan untuk berbagai macam jenis kulit termasuk kulit berminyak. Tidak perlu khawatir akan membuat kulit wajah semakin berminyak, karena kamu bisa menyesuaikan produk serum dengan kondisi kulit. Kamu bisa menggunakan serum wajah yang mengandung bahan aktif seperti salicylic acid yang berfungsi untuk mencegah pori-pori tersumbat dan munculnya jerawat. 

2. Mengurangi Kerutan dan Mencegah Penuaan Dini

Terlalu sering terpapar sinar UV dapat menyebabkan keriput yang merupakan tanda penuaan dini. Tak perlu khawatir, karena sekarang banyak sekali produk serum wajah untuk mengatasi permasalahan penuaan. Manfaat serum wajah juga dapat mengurangi dan menunda munculnya tanda penuaan. Beberapa bahan yang dapat membantu mengatasi penuaan adalah vitamin C, E, dan ekstrak daun raspberry. Selain itu, bahan aktif lain yang membantu mengatasi penuaan adalah retinol, dan glycolic acid. Tak hanya itu, kedua bahan aktif tersebut juga biasa terkandung dalam serum untuk mencerahkan wajah.

3. Membuat Kulit Lebih Cerah

Selain untuk mencegah penuaan, manfaat serum juga dapat membuat kulit lebih cerah. Kamu dapat memilih serum yang memiliki kandungan kojic acid, niacinamide, vitamin C, glycolic acid yang dikenal mampu mengatasi hiperpigmentasi dan flek hitam. Serum juga dapat membuat kulit kusam lebih cerah. 

Selain menggunakan serum wajah, kamu juga dapat mengonsumsi Realfood Forever Bright yang mengandung niacinamide dan kolagen yang membantu melembapkan dan mencerahkan wajah. Kamu bisa mengonsumsinya pagi atau malam hari untuk melengkapi skincare routine mu. Produk Realfood Forever Bright sudah tersertifikasi HALAL MUI, dan BPOM sehingga aman untuk dikonsumsi. 

4. Melindungi dari Sinar Matahari

Fungsi serum wajah lainnya adalah untuk melindungi paparan sinar matahari dan dari polusi. Dengan rutin menggunakan serum wajah dalam tahapan skincare mu, maka ajan mencegah munculnya kerusakan kulit akubat sinar matahari atau hiperpigmentasi. Sesuaikan tipe serum dengan kebutuhan wajahmu ya, Realfoodfam!

5. Membuat Kulit Lebih Lembap

Serum wajah juga dapat membantu membuat kulit lebih sehat dan juga lembap. Kamu bisa memilih produk serum yang mengandung hyaluronic acid untuk membantu melembapkan kulit hingga 96%. Selain hyaluronic acid, kamu juga bisa memilih kandungan niacinamide dan vitamin E untuk memperkuat skin barrier kamu. 

6. Menghilangkan Bekas Jerawat

Tahukah Realfoodfam kalau manfaat serum wajah juga dapat menghilangkan bekas jerawat. Kamu bisa memilih produk serum yang mengandung benzoil peroksida atau salisylic acid untuk membantu memudarkan bekas jerawat. Sebelum menggunakan serum, kamu bisa menggunakan toner yang sifatnya melembapkan untuk mempersiapkan kulit sebelum menggunakan serum sehingga tidak membuat kulit semakin kering. 

Itulah 6 manfaat serum yang perlu kamu ketahui, pastikan untuk menggunakan serum dengan kandungan yang sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan kulitmu ya. Selain itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap sesuai menggunakan serum untuk memaksimalkan tahapan skincare mu. 

Artikel Terkait Lainnya: