manfaat Minyak Ikan

Minyak ikan mengandung omega 3, yakni asam lemak esensial yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan tubuh. Oleh karena itu, hingga kini banyak orang mengkonsumsi minyak ikan karena dipercaya memiliki banyak manfaat. Jika Realfoodfam penasaran apa saja manfaat minyak ikan, berikut ini adalah ulasannya:

1. Mendukung Kesehatan Jantung

Terdapat studi yang menyatakan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi minyak ikan, memiliki tingkat penyakit jantung yang lebih rendah dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsinya. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan jantung, Realfoodfam bisa mengkonsumsi minyak ikan secara teratur.

Mengkonsumsi minyak ikan juga bisa mencegah plak yang bisa menyebabkan arteri mengeras dan membuat plak arteri lebih stabil. Selain itu, minyak ikan juga bermanfaat untuk mengurangi aritmia fatal. Aritmia yakni irama jantung yang abnormal sehingga dapat menyebabkan serangan jantung bagi penderitanya.

2. Mengoptimalkan Kesehatan Janin, Ibu Hamil, dan Menyusui

Pada minyak ikan terkandung docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA) yang dapat mengurangi risiko preeklampsia, persalinan prematur, dan meningkatkan berat badan bayi. Selain itu, di dalam minyak ikan juga terdapat omega 3 yang merupakan senyawa yang penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan awal janin.

Bagi ibu hamil yang rutin mengkonsumsi minyak ikan, dapat membantu mengurangi resiko alergi dan meningkatkan perkembangan visual bayi. Manfaat minyak ikan lainnya adalah untuk meningkatkan koordinasi tangan dan mata pada bayi, sehingga ibu menyusui juga disarankan mengkonsumsi minyak ikan.

3. Membantu Mengobati Gangguan Mental Tertentu

Otak manusia terdiri dari 60% lemak dan sebagian besar lemak tersebut adalah asam lemak omega 3. Oleh karena itu, asupan omega 3 sangatlah penting agar otak bisa berfungsi optimal.

Beberapa studi menemukan bahwa orang yang memiliki gangguan mental tertentu memiliki kadar omega 3 yang lebih rendah dalam darah. Studi tersebut juga menunjukkan bahwa untuk mencegah timbul dan memperbaiki gejala gangguan mental tertentu, dapat mengkonsumsi suplemen minyak ikan.

4. Mendukung Kesehatan Mata

Beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang kekurangan senyawa omega 3 memiliki resiko lebih besar terkena penyakit mata. Terlebih lagi kesehatan mata cenderung menurun di usia tua dan dapat menyebabkan degenerasi makula (AMD).

Pada penelitian yang dilakukan oleh Pharma Nutrition, menunjukkan bahwa terdapat manfaat minyak ikan untuk kesehatan mata dan meningkatkan penglihatan sebagian besar pasien AMD. Dalam penelitian tersebut, pasian AMD, mengkonsumsi minyak ikan dalam dosis tinggi selama 19 minggu.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Seiring bertambahnya usia, tulang mulai kehilangan mineral esensial dan menyebabkan kerapuhan. Apabila tidak segera ditangani, bisa menyebabkan penyakit osteoporosis dan osteoarthritis.

Selain mengkonsumsi vitamin D dan makanan yang kaya kalsium, Realfoodfam juga bisa mengkonsumsi minyak ikan. Pasalnya, minyak ikan mengandung omega 3 yang bermanfaat untuk menguatkan tulang dan mengurangi gejala kerusakan tulang.

6. Mengurangi Peradangan

Pada dasarnya peradangan merupakan salah satu cara sistem kekebalan tubuh melawan infeksi serta mengobati cedera. Namun, peradangan yang kronis dapat menyebabkan penyakit serius, seperti diabetes, obesitas, hingga penyakit jantung.

Untuk mengobati kondisi tubuh yang disebabkan oleh peradangan kronis, Realfoodfam bisa mengkonsumsi minyak ikan. Pasalnya, minyak ikan memiliki sifat anti inflamasi dan mengurangi peradangan.

Itulah ulasan yang menarik tentang 6 manfaat minyak ikan untuk kesehatan. Realfoodfam bisa memulai mengkonsumsi minyak ikan secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh. Terlebih lagi bagi Realfoodfam yang tidak menyukai hidangan yang berbahan utama ikan.

Artikel Terkait Lainnya: