jam makan bikin gemuk

Buat yang lagi diet, pasti udah denger dong tentang jam makan yang bikin gemuk? Jika dahulu nasihat jangan makan malam bikin gemuk selalu kita dengar, mungkin sekarang ini lebih banyak orang yang bilang untuk hindari makan pagi atau sarapan agar tubuh tidak menghasilkan insulin dan menjadi mode “fat burning”. Memang benar, ada jam makan yang bikin gemuk terutama untuk mereka yang sudah berstatus overweight dan obesitas. Namun sejatinya, jam makan yang bikin gemuk itu sangat dipengaruhi oleh jumlah kalori yang dikonsumsi. Percuma kamu tidak makan di jam makan yang bikin gemuk, tetapi tetap mengonsumsi di atas jumlah kalori harian dan tidak rutin bergerak atau berolahraga. Terlepas dari pro-kontra jam makan yang bikin gemuk, diet yang sehat dan bisa di-maintain dengan baik adalah mengatur jam dan kalori yang masuk agar tidak melebihi total kalori harian. 

Sejatinya, sebaiknya kamu menghindari makan malam terlalu larut karena justru itulah jam makan yang bikin gemuk! Sebuah studi yang dirilis dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menyatakan bahwa makan terlalu malam dapat meningkatkan risiko naiknya kadar gula darah hingga 18% sehingga membuat berat badan naik, tubuh mengalami peradangan, menurunnya daya ingat, dan menyebabkan asam lambung naik. Bahkan kamu akan merasa sangat lapar di pagi hari, sehingga menjadi lingkaran setan produksi insulin terus menerus dan tubuh dalam posisi “fat storing” itulah yang menyebabkan kamu jadi gemuk!

Daripada pusing memikirkan jam makan yang bikin gemuk, coba perhitungkan jumlah kalori yang bisa kamu konsumsi dalam sekali makan.

1. Makan Pagi

Banyak pakar gizi yang merekomendasikan sarapan pada pukul 7 - 8 pagi dengan jumlah kalori sekitar 300 - 600kcal dan fokus mengonsumsi protein. Pastikan porsi sarapanmu adalah tidak melebihi  ⅓ dari asupan kalori harian dan tidak terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat agar kamu tidak merasa lemas dan ngantuk. Jika ingin menurunkan berat badan, hindari sarapan dengan sereal yang manis atau roti dengan selai yang mengandung banyak gula. 

2. Makan Siang 

Berikan seda 4-6 jam dari makan pagi, atau sekitar pukul 12 - 1 siang dengan jumlah kalori sebanyak 400 - 500 kcal. Makanan ini sebaiknya terdiri dari makronutrien lengkap, yaitu protein, karbohidrat, dan lemak seimbang, lengkap dengan serat. Semakin banyak serat dan protein semakin baik. Dan jangan lupa untuk bergerak setelah makan agar tubuh tidak menghasilkan terlalu banyak insulin. Konsumsi cairan juga sangat penting agar terasa lebih kenyang dan tidak overeating.

3. Makan Malam

Jika kamu terbiasa makan malam di waktu yang cukup larut, sebaiknya kamu makan malam lebih awal di pukul 6 - 8 malam. Hal ini dilakukan agar kamu tidak tidur dalam keadaan perut penuh. Berikan jeda 2 - 3 jam sebelum tidur. Pastikan juga kamu fokus mengonsumsi protein dan lemak sehat. 

4. Camilan

Diet bukan berarti kamu melupakan cemilan! Selama kamu fokus dengan kalori, jam makan yang bikin gemuk biasanya adalah jam nyemil karena cemilan kebanyakan tinggi kalori tetapi tidak mengenyangkan. Nah, pertama, kamu harus memilih cemilan yang rendah kalori dan tinggi serat seperti sayur, buah, atau yogurt. Kamu juga bisa memilih minuman sebagai cemilan seperti es kopi, matcha, atau smoothies. Pilih waktu nyemil di antara jam 10 - 11 pagi atau 3 - 4 sore dan pastikan jumlah kalori kurang dari 200 kcal.

Jam makan yang bikin gemuk sekarang bisa kamu atasi dengan mengatur kalori. Salah satu cemilan sehat yang bisa kamu coba adalah Realfood Cleanse Jelly Appletox! 

Realfood Cleanse Jelly Appletox adalah cemilan jelly sehat yang membantu menutrisi pencernaanmu dan membantu mencegah pembentukan lemak berlebih. Thanks to ekstrak apel, asam gelugur (Garcinia atroviridis) yang banyak digunakan untuk menekan rasa lapar akibat kaya akan Hydroxyl Citric Acid dan menghambat pembentukan lemak. 
Gak cuma itu, Realfood Cleanse Jelly Appletox juga mengandung prebiotik dari sarang burung walet dan glukomanan untuk menjaga kesehatan pencernaan, sistem imun tubuh, dan menyeimbangkan mikroflora di sistem pencernaan. Suka susah buang air besar saat diet? Nah itu tanda kamu harus konsumsi Realfood Cleanse Jelly Appletox daripada mikirin jam makan yang bikin gemuk, apa lagi kalorinya rendah banget hanya 5kcal! Bisa kamu konsumsi 2 sachet dalam sehari setelah makan sebagai dessert atau cemilan. Jadi tunggu apa lagi? Segera beli Realfood Cleanse Jelly Appletox sekarang juga!

Artikel Terkait Lainnya: